Membongkar Rahasia Fitur Honda Smart Key Milik X-ADV

Oleh Liputan6.com pada 02 Mei 2019, 14:07 WIB
Diperbarui 02 Mei 2019, 14:07 WIB
Honda
Perbesar
Honda X-ADV dilengkapi teknologi canggih. (Oto.com)

Liputan6.com, Jakarta - Honda X-ADV akhirnya resmi dirilis PT Astra Honda Motor di Telkomsel IIMS 2019. Skutik dengan harga nyaris setengah miliar rupiah ini dilengkapi teknologi canggih.

Salah satunya adalah Honda Smart Key yang memudahkan penggunanya. Perangkat ini mengeliminasi anak kunci konvensional untuk menyalakan kendaraan.

Pemilik hanya perlu mengantongi remote, lalu melakukan prosedur starter. Namun, Apa yang harus dilakukan bila terjadi insiden, seperti smart key tertinggal, hilang atau rusak? Bagaimana cara menyalakan motor?

Jangan panik, Honda sudah menyisipkan langkah-langkah yang bisa diikuti. Ketika membeli X-ADV, konsumen mendapatkan empat item penting: Honda Smart Key, ID tag, Wave Key dan EM Connector. Pastikan keempatnya diterima.

ID tag sendiri merupakan rangkaian angka unik, khusus ditujukan untuk tiap motor. Anda tidak bisa menggunakan ID tag orang lain.

Pastikan simpan di tempat yang aman, atau catat nomornya di smartphone dan media apa pun yang disukai. Bila sampai hilang, Anda harus mengganti seluruh komponen Smart Key, yang tentunya punya banderol tidak murah.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

Wave Key adalah kunci konvensional pada umumnya, berfungsi membuka jok melalui akses emergency. Bawa selalu komponen ini, tapi pisahkan dengan smart key dan hindari menyimpannya di dalam bagasi di bawah jok.

Sedangkan EM Connector merupakan perangkat mungil, mengizinkan pemilik mengakses kendaraan. Alat ini tersimpan di tool kit dalam bagasi. Cobalah memeriksa keberadaannya ketika pertama kali menerima unit.

Lantas bagaimana cara menyalakan lewat mode emergency?

Pertama temukan lokasi lubang kunci darurat yang berada di bawah bodi belakang atau tepatnya di kolong. Anda bisa melihat sebuah kover yang bisa dicungkil. Selanjutnya gunakan Wave Key untuk membuka jok.

Di dalam tempat penyimpanan, carilah komponen berwarna biru terang. Angkat terlebih dahulu semua penutup agar bisa menemukannya. Setelah itu, lepaskan kaitan blue dummy coupler.

Hubungkan EM Connector dengan konektor. Nantinya kenop untuk menyalakan motor menyala dan layar instrumen berkedip.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

Masukkan kode ID tag dengan menekan kenop. Bila angkanya satu berarti pijit sekali dan seterusnya. Namun, Anda tak perlu memencet dan menunggu hingga panel berkedip dua kali, jika kodenya nol.

Ketika semua sudah dimasukkan, Anda pun bisa memutar kenop seperti biasa. Motor pun bisa di-starter.

Tapi perlu diketahui, jangan sampai mematikan motor bila belum mencapai destinasi yang dituju. Soalnya, Anda harus mengulang seluruh langkah-langkah di atas agar dapat menyalakan mesin.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya