3 Motor Pilihan Presiden RI dari Masa ke Masa Mejeng di IIMS 2019

Oleh Liputan6.com pada 30 Apr 2019, 12:06 WIB
Diperbarui 30 Apr 2019, 12:06 WIB
Suzuki Intruder 400 Presiden Soeharto
Perbesar
Suzuki Intruder 400 Presiden Soeharto (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjadi ajang pabrikan otomotif memamerkan produk terbarunya, Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 juga menjadi ajang memamerkan motor pilihan presiden RI dari masa ke masa.

Bertempat di booth Telkomsel, Tigrehood memajang 3 motor milik Presiden RI ke-2 Soeharto, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden RI ke-7 Joko Widodo.

Dari deretan tersebut tampak bahwa para presiden memiliki selera yang berbeda. Presiden RI ke-2, Soeharto memilih Suzuki Intruder 400.

Motor ini mengusung mesin 399 cc bertenaga 33 Tk. Desainnya tampak kental dengan nuansa cruiser yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh dan memberikan kesan gagah.

2 dari 4 halaman

Motor Gede SBY

Harley-Davidson Road Glide Screamin Eagle SBY
Perbesar
Harley-Davidson Road Glide Screamin Eagle SBY (Otosia.com)

Sementara itu, SBY lebih memilih Harley-Davidson Road Glide Screamin Eagle berwarna orange. Bodinya tampak gambot dengan fairing lampu depan dan dilengkapi boks di bagian belakangnya.

Di antara 3 motor RI-1, tunggangan SBY memiliki kapasitas mesin yang paling besar, 1.808 cc. Presiden ke-6 ini juga sempat beberapa kali mengendarai motornya untuk menghindari kemacetan.

3 dari 4 halaman

Motor Kustom Jokowi

Kawasaki W175 Custom Jokowi
Perbesar
Kawasaki W175 Custom Jokowi

Berbeda dengan 2 pendahulunya, Joko Widodo justru memilih Kawasaki W175 yang dikustom. Motor bergaya retro ini diubah menjadi bobber dan digarap oleh Katros Garage.

Tak sekadar menjadi koleksi, Presiden Jokowi sempat beberapa kali menunggangi Kawasaki W175 Custom ini saat melakukan kunjungan ke berbagai daerah.

Sumber: Otosia.com

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓