Sepeda Motor Tak Pakai Mesin Diesel, Ini Sebabnya

Oleh Liputan6.com pada 25 Apr 2019, 07:06 WIB
Diperbarui 27 Apr 2019, 04:13 WIB
Sepeda motor Bandit

Liputan6.com, Jakarta - Mesin diesel terkenal dengan ketangguhan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Tapi ada satu dua hal yang membuatnya tak cocok disematkan untuk sepeda motor.

Dilansir Zing, mesin diesel punya banyak keterbatasan jika dipasang di sepeda motor. Pertama, soal ukuran dan volume mesinnya. Mesin diesel tak perlu menggunakan busi untuk membakar bahan bakar. Pembakaran akan terjadi dengan sendirinya ketika mencapai rasio kompresi tertentu.

Rasio kompresi mesin diesel bisa mencapai 24:1. Sepeda motor akan lebih nyaman dipakai jika getarannya tak terasa. Semakin halus getarannya, maka semakin nyaman digunakan bukan? Maka itu mesin diesel tak dipasang untuk sepeda motor.

Lagipula, mesin diesel juga memiliki emisi karbon yang kurang bagus untuk lingkungan. Tingkat polusinya bisa mencapai 13 persen dibandingkan dengan mesin bensin.

 

2 of 3

Selanjutnya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama menempuh perjalanan yang sama, sepeda motor menghasilkan lebih banyak CO2 (karbon dioksida) daripada mobil. Jadi, pemilihan mesin bensin pada sepeda motor adalah upaya untuk mengurangi pencemaran udara.

Sumber: Otosia.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓