5 Lokasi yang Sering Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Oleh Liputan6.com pada 21 Apr 2019, 08:08 WIB
Jalur Tol Tangerang - Merak yang akan dilalui kontingen Asian Games dicek kembali kelayakannya. Hal ini dilakukan agar ketika rombongan melewatinya, tidak akan ada hambatan yang berarti.

Liputan6.com, Jakarta Ada larangan yang sering dilanggar oleh pengemudi mobil. Misal mendahului kendaraan tidak pada jalur yang tepat. Tak sedikit pula yang berujung kecelakaan.

Yang paling sering terlihat adalah menyalip dari sebelah kiri. Dampaknya, bisa merugikan diri sendiri dan tentunya pengguna jalan lainnya.

Selain kesalahan itu, banyak juga pengemudi yang tidak menghiraukan posisi dan lokasi jalan. Modalnya cuma kendaraan yang cepat sehingg bisa melewati kendaraan lain dengan cepat pula. Tanpa perhitungan yang bisa membuat diri atau orang lain celaka. Itulah yang sering membuat terjadinya kecelakaan.

Risiko terparahnya adalah kecelakaan yang berujung pada kematian. Berikut lima tempat yang haram hukumnya dipakai untuk menyalip.

 

2 of 3

1. Tikungan

Pemudik Mulai Padati Tol Cipali
Kepadatan terjadi di Jalan Tol Cipali, Jawa Barat mengarah ke Jakarta, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau ramai lancar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jalan yang menikung cukup berisiko. Apalagi jika tikungannya tajam, ada area buta yang tak bisa dilihat oleh pengendara. Apakah sudah aman atau belum.

2. Jalan Menanjak

Di lokasi ini juga akan ada blind spot yang membuat pengendara tak bisa memastikan dengan baik apakah jalan dari arah berlawanan sedang kosong atau tidak. Jangan sampai sudah memutuskan menyalip, tapi muncul kendaraan dari arah berlawanan.

 

 

3 of 3

3. Marka Jalan Tidak Terputus

Kecelakaan terekaman dashcam polisi di jalan tol M4, Inggris
Kecelakaan terekaman dashcam polisi di jalan tol M4, Inggris (Carscoops)

Selain rambu larangan menyalip, tanda dilarang menyalip juga biasanya ada pada marka jalan. Saat berkendara pada jalan dengan marka tidak terputus, maka jangan menyalip. Pihak berwenang sudah memperhitungkan hal tesebut, makanya menerapkan aturan tersebut di lokasi tertentu.

4. Jembatan Sempit

Perhatikan rambu dan marka sebelum menyalip. Kondisi jalan yang menyempit biasanya ditandai dengan rambu atau marka segitiga dengan garis-garis horizontal. Jika memaksakan menyalip, bisa saja tak cukup ruang dan bisa bersenggolan dengan kendaraan lain.

5. Area Sekolah

Jalan raya di sekitar area sekolah biasanya diberi rambu dan kotak berwarna merah sebagai tanda zona selamat sekolah. Kita tak ada yang tahu jika tiba-tiba ada pelajar yang akan menyeberang. Ada baiknya untuk tak menyalip di lokasi ini.

Selain lima lokasi tersebut, jangan menyalip jika masih ragu-ragu. Pastikan sudah membuat perhitungan yang benar, bahwa Otolovers akan tetap selamat setelah menyalip.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by