Sukses

Mau Upgrade Audio Mobil Kesayangan, Perhatikan Hal Ini

Keberadaan sistem audio pada mobil memiliki posisi yang cukup penting. Dengan adanya sistem audio yang memadai, mood berkendara pun akan terasa lebih menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan sistem audio pada mobil memiliki posisi yang cukup penting. Dengan adanya sistem audio yang memadai, mood berkendara pun akan terasa lebih menyenangkan.

Namun, ternyata perangkat hiburan yang tersedia di dalam mobil bagi sebagian pemilik kendaraan dirasa kurang memuaskan meski pada sebagian mobil-mobil modern sudah memiliki fitur-fitur audio canggih.

Untuk memuaskan akan unsur hiburan, tidak sedikit pemilik kendaraan yang menganti audio standard atau meng-upgrade audio mobil miliknya.

Namun saat ingin meng-upgrade audio mobil, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan . Pasalnya audio mobil terdiri dari beberapa tipe, ukuran,dan jenis yang berbeda.

'"Banyak pilihan audio canggih dari berbagai merk. Sebagai bahan pertimbangan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk audio atau speaker pada mobil," buka Edward selaku Brand Manager Dynaudio Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Menurut Edward, terdapat 2 tipe speaker yaitu Speaker Full-Range dan Component speaker. Speaker model Full-Range memproduksi audio dalam satu wadah, dan speaker yang terdiri dari midbass, tweeter, serta woofer.

"Disebut speaker komponen, tipe ini cocok untuk orang yang mau lebih baik lagi dalam hal reproduksi suara. Tapi perlu proses instalasi yang harus lebih professional, sebab jumlah speakernya yang lebih banyak," ujarnya.

Kualitas suara adalah salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah audio mobil. Pemilik kendaraan dapat menentukan kualitas suara dari spesifikasi dan kualitas bahan.

"Dalam memilih sebuah speaker perlu diperhatikan Speaker Sensitivity yang digunakan untuk mengukur bagaimana mencari amplifier yang cocok. Semakin tinggi nilai sensitivitas, semakin keras speaker. Ukuran sensitivitas speaker sekitar 86dB hingga 92 dB. Speaker dengan nilai sensitivitas 92dB dianggap sangat baik dalam hal efisiensi," beber Edward.

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan saat membeli audio adalah penanganan daya (Power Handling) yang memungkinkan pemilik mobil mengetahui seberapa besar amplifier yang diperlukan. Jumlah daya biasanya diukur dalam satuan watt. "Speaker mungkin akan rusak jika memiliki daya amplifier yang berlebihan," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selanjutnya 2 way atau 3 Way Speaker bisa menjadi pertimbangan dalam memilih audio mobil. Speaker 2 way adalah speaker yang terdiri dari dua buah tweeter yang merupakan komponen audio yang berperan menyemburkan suara dengan frekuensi tinggi.

Sementara dua midbass berperan menghasilkan nada menengah dalam sebuah sistem audio, dan terdiri dari dua x-over yang bertugas memilah suara agar tidak ada 2 suara yang saling bertindih. Sedangkan 3 way speaker adalah speaker yang terdiri dari midrange yang berfungsi untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak dapat ditangkap oleh tweerer atau midbass.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini