4 Panduan Memilih Sepatu Riding

Oleh Arief Aszhari pada 18 Apr 2019, 19:03 WIB
Cargloss

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara sepeda motor yang setiap hari melakukan kegiatannya di jalan raya, atau melakukan perjalanan jauh menggunakan sepatu merupakan hal yang wajib. Dengan menggunakan riding gear untuk kaki tersebut, bisa juga unttuk mengurangi risiko cidera parah saat mengalami kecelakaan.

Namun, berbeda dengan sepatu untuk sehari-hari, untuk jalan, ke kantor, atau olahraga, sepatu riding wajib memiliki fitur perlindungan dan pendukung keselamatan berkendara.

Lalu, seperti apa sepatu riding yang baik? Berikut 4 panduan untuk memilih sepatu riding yang baik, seperti dilansir dari Suzuki Indonesia:

1. Pilih Model Boots

Karena masuk dalam kategori safety gear, Anda wajib memakai sepatu model boots yang bentuknya tinggi. Hal ini dimaksudkan agar bagian area mata kaki dan tulang kering terlindungi.

Tentu saja untuk memberikan perlindungan ekstra, Anda wajib memilih sepatu boots dengan bahan berkualitas baik.

Sangat disarankan untuk memilih sepatu boots yang terbuat dari kulit yang tebal dan fleksibel agar mampu mendukung pergerakan kaki.

2 of 4

2. Pilih Sol Karet Yang Kuat

riding gear
Kiri-kanan: Sepatu Alpinestar Stella SMX-1R dan Helm Grex G6.1 (Otosia.com)

Pastikan sepatu riding yang Anda pilih menggunakan sol karet yang kuat dan tidak licin. Sol karet dengan pinggiran yang dibentuk sempurna mampu memberikan daya cengkram yang lebih kuat di atas jalanan yang licin.

Dengan bahan ini, Anda akan lebih nyaman selama berkendara, dan terhindar dari resiko terpeleset saat mengoper gigi. Aturan ini berlaku juga bagi para pengendara motor matik dan bebek.

3 of 4

3. Sebaiknya Dijahit

Saat keluar dari toko, kebanyakan sepatu riding hanya ditempel dengan lem saja (bagian badan sepatu dan sol karet), tidak terkecuali untuk merek-merek premium.

Kekuatan sepatu yang dilem tidak sekuat sepatu yang di sol atau dijahit. Makanya, sebelum digunakan, pastikan Anda membawa sepatu tersebut ke tukang sol sepatu untuk dijahit agar sambungan antara badan sepatu dan sol jadi lebih kuat.

4 of 4

4. Menjaga Kaki Tetap Kering

Pastikan sepatu yang digunakan menjamin Anda tetap kering. Hal ini bisa didapat dengan adanya fitur pengunci di bagian atas sepatu agar air tidak masuk lewat celah atas. Selain itu, pilih sepatu yang terbuat dari kulit yang dipoles, nubuck, atau suede agar kaki tetap kering.

Selain itu, pilih sepatu yang memiliki banyak pengunci, terutama bagian atas sepatu, bagian tulang kering dan engkel, dengan begitu sepatu akan terasa nempel di kaki. Selamat berkendara!

 

 

Lanjutkan Membaca ↓