Mumpung Libur Pemilu, Yuk Bersihkan Kabin Mobil

Oleh Liputan6.com pada 17 Apr 2019, 14:04 WIB
mobil

Liputan6.com, Jakarta - Mumpung libur Pemilu, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu untuk memanjakan kendaraan kesayangan. Jika waktunya sempit, Anda bisa mencicilnya seperti membersihkan kabin terlebih dulu.

Apabila malas keluar rumah atau ingin menghemat biaya, Otolovers bisa melakukannya sendiri.

Caranya sebenarnya tak terlalu sulit seperti dikutip dari akun instagram Wuling Indonesia, @wulingmotorsid.

Langkah pertama, bersihkan debu di bangku dan lantai mobil menggunakan vacum cleaner. Usahakan untuk menjangkau sampai celah terkecil.

Kemudian, pilih lap yang lembut untuk membersihkan jendela bagian dalam, konsol tengah, dan dashboard serta komponen lainnya. Jika ada, gunakan cairan pembersih khusus.

Selain itu, pastikan jok, door-trim, dan beragam bagian interior lainnya untuk tetap kering.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari munculnya jamur dan bau apek.

Sumber: Otosia.com

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 2

4 Rahasia agar Helm Kesayangan Selalu Wangi

Bagi para pecinta sepeda motor, kebersihan motor dan helm merupakan hal yang wajib. Terutama helm yang selalu bersentuhan dengan rambut.

Selain itu helm kerenmu bakal kelihatan cupu kalau baunya apek. Apalagi kalau baunya sampai nular ke rambut. Jangan sampai itu terjadi.

Kalau helm sudah mulai bau, Anda sebenarnya bisa mengatasinya sendiri. Dilansir Wahana Honda, berikut cara mudah mengatasi helm yang bau:

1. Pakai Parfum untuk Helm

Jika bau helm masih belum parah, bisa memberikan cairan pewangi beralkohol rendah. Bisa juga dengan menyemprotkan parfum ke helm tersebut.

2. Cuci Helm Pakai Air Sabun

Kalau baunya sudah masuk kategori kebangetan, semprot pewangi dengan kadar alkohol tinggi diperbolehkan. Tapi jangan lupa untuk langsung dicuci dengan air sabun.

Kenapa? Supaya sisa alkohol tercampur dengan air dan bisa ikut mengalir bersama bakteri-bakteri jahat yang bikin helmmu jadi tambah bau.

Jangan lupa sekalian menyikat lembut helm ya. Biasanya helm yang bau juga sedikit kotor, ada keringat pengguna yang membuat warna dari sponsnya berubah.

3. Pakai Kopi

Cara ini bisa dipakai jika kamu belum sempat mencuci helm. Tapi cara ini cuma bisa menghilangkan bau selama beberapa hari saja, karena bakteri jahat di helmmu belum hilang dengan melakukan cara ini.

Caranya, bungkus bubuk kopi menggunakan kain. Setelah dibungkus, letakkan kain tersebut di dalam helm selama satu malam.

4. Jemur di Terik Matahari

Menjemurnya di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah kuman dan bakteri jahat di helm untuk berkembang. Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Maka helm juga akan semakin nyaman dipakai. 

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓