Sukses

Seharian Jadi Sopir dan Penumpang Nissan Serena, Seperti Apa Rasanya?

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi mengaspalkan medium MPV andalannya, new Nissan Serena, Februari lalu. MPV anyar ini mendapatkan berbagai teknologi dan fitur canggih

Liputan6.com, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi mengaspalkan medium MPV andalannya, new Nissan Serena, Februari lalu. Mendapatkan berbagai teknologi dan fitur canggih, mobil pabrikan otomotif Jepang ini diklaim mampu meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berkendara bagi pengemudi dan penumpangnya.

Mencari tahu kebenaran itu, Liputan6.com mendapat kesempatan mencoba Nissan Serena terbaru. Pengujian ini sendiri, dilakukan dari Jakarta hingga Sentul, Jawa Barat.

Dalam pengujian, Liputan6.com mendapatkan unit Nissan Serena dengan transmisi automatic (A/T) alias varian tertinggi, yakni Highway Star (HWS).

Lebih dulu menjadi penumpang, mobil ini mampu memberikan kenyamanan karena tempat duduk captain seat yang bisa diatur sesuai keinginan.

Bahkan penumpang baris tengah, bisa mengubah kursi layaknya tempat tidur karena kabin yang luas.

Untuk lebih jelas, mari kita bahas Nissan Serena terbaru per bagian:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eksterior

Perubahan signifikan terlihat jelas di bagian eksterior. Terdapat warna two tone yang menghiasi di semua varian menambah kecantikan mobil MPV ini.

Mencoba langsung fitur touch less pada pintu geser elektrik di samping, cukup membantu penumpang saat membawa banyak barang saat hendak masuk ke dalam kabin dan kinerjanya cukup responsif.

Untuk fitur ini, penumpang hanya perlu mengayunkan kaki ke bagian bawah pintu, maka sensor langsung menggeser pintu secara otomatis.

 

Jika kebanyakan MPV boxy pintu bagasinya membuka secara kesatuan, Serena 2019 dibekali pintu bagasi terpisah.

Dengan begitu, penumpang tak perlu membuka semua bagian pintu saat hendak menaruh barang bawaan yang tidak terlalu besar.

3 dari 3 halaman

Interior

Bagian interior juga berubah total karena jok tengah captain seat berbalut kulit dan juga monitor di plafon berukuran 11 inci untuk hiburan penumpang belakang tengah dan belakang.

Pada dashboard juga tertanam head unit layar sentuh untuk mengendalikan sistem multimedia.

Tepat di atasnya, terpasang satu monitor lagi untuk menampilkan Nissan Intelligent Mobility berupa kamera mundur, atau kamera pantau 360 derajat yang sangat membantu pengemudi saat hendak memarkirkan kendaraan.

 

Performa

Ketika menguji Nissan Serena dari kawasan Jakarta Selatan menuju Sentul, Jawa Barat, Liputan6.com merasakan perfoma mesin cukup responsif karena dibekali mesin berkode MR20 dengan kapasitas 1.997 cc yang mampu menghembuskan daya hingga 147,9 Tk pada 6.000 rpm.

Meski badannya besar, tarikan bawah mobil ini cukup baik saat berakselerasi. Hal yang sangat berkesan saat mencoba mengemudi Nissan Serena ialah setir pada mobil yang sangat ringan dan nyaman, sehingga pengemudi tidak cepat merasa lelah.

Saat dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan, Nissan Serena begitu nyaman. Bahkan saat mencoba menyalip kendaraan di depan, mobil ini pengemudi tidak mengalami kesulitan atau merasakan limbung.

Secara keseluruhan, mobil ini cukup stabil saat harus melewati tikungan dan jalan menurun. Suspensi juga bekerja cukup baik saat harus melewati jalan rusak, sebab mobil masih terasa nyaman.

Meski untuk versi Jepang terdapat panoramic roof, Liputan6.com merasa hal tersebut tak mengurangi rasa nyaman saat menjadi penumpang dan pengemudi Nissan Serena.

Sebagai informasi, New Nissan Serena tersedia dalam dua varian, yaitu tipe X dibanderol Rp448 juta dan tipe HWS dilepas Rp 465 juta. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini