Sukses

Lihat Aksi Ridwan Kamil Tes Sepeda Motor Listrik Karya Anak Bangsa

Industri otomotif nasional saat ini tengah bersiap menyambut era kendaraan ramah lingkungan. Salah satu yang menjadi perhatian ialah hadirnya motor atau mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif nasional saat ini tengah bersiap menyambut era kendaraan ramah lingkungan. Salah satu yang menjadi perhatian ialah hadirnya motor listrik atau mobil listrik.

Tak hanya pabrikan otomotif global, kendaraan ramah lingkungan karya anak bangsa juga menarik perhatian meski tak kunjunng hadir dan dijual di pasar otomotif Tanah Air.

Ikut mendukung hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan kabar gembira melalui media sosial. Seperti dilansir Facebook dan Instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mencoba mengendarai motor listrik.

Dalam keterangan foto yang dibagi, Ia menyebut motor listrik tersebut akan disumbangkan oleh PT Arindo Pratama kepada pesantren-pesantren di Jawa Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Meski tak mengungkap secara detail merek motor tersebut, Mantan Wali Kota Bandung ini menjelaskan terdapat 1000 unit motor yang akan dibagikan.

"GREEN TECHNOLOGY MEETS UMMAH ECONOMY. Sekitar 1000 sepeda motor listrik (tanpa BBM tinggal nyolok listrik) karya canggih anak bangsa akan dihibahkan oleh PT Arindo Pratama ke pesantren-pesantren se-Jawa Barat. Saya test drive, motor ini melaju cepat tanpa suara. Motor listrik ini akan dijadikan alat ekonomi mencari nafkah untuk pesantren ala OJOL dengan prinsip bagi hasil dengan pemberi hibah" tulis Ridwan Kamil.

3 dari 3 halaman

Rasa yang Hilang dari Motor Listrik PLN

Pernahkan Anda melihat petugas PLN mengitari kota Jakarta menggunakan motor yang unik? Motor tersebut memiliki ciri berwarna hijau, lengkap dengan logo PLN dan tulisan ULC (Unit Layanan Cepat).

Ya, motor tersebut adalah motor listrik yang digunakan untuk operasional petugas PLN menangani keluhan konsumennya. Jika Anda memperhatikannya, motor tersebut tidak memiliki knalpot dan juga rantai. Nyaris tidak ada suara yang dihasilkan, kecuali suara ban yang bersentuhan dengan aspal.

 

 
 

 

Untuk diketahui, motor tersebut bukanlah motor listrik yang dibuat oleh PLN. Melainkan motor yang diimpor oleh PT. Sugeng Darma Rizqi (SDR) dari Cina. Lantas bagaimana rasa berkendaranya? Kali ini Liputan6.com menguji motor listrik bermerek SDR yang memiliki desain sport.

 

 

Kesan pertama Liputan6.com melihat motor ini, rasanya cukup menjanjikan dengan desain yang cukup gagah. Motor elektrik yang bersemayam di roda belakang memiliki diameter yang cukup besar, memberikan kesan powerful. SDR mengklaim tenaga yang dihasilkan mencapai 2.500 Watt.

Hal yang harus diperhatikan adalah kehadiran tangki bahan bakar. Karena ini motor listrik, yang terbesit di dalam pikiran Liputan6.com adalah soket untuk melakukan pengisian seperti mobil elektrik atau hybrid dengan sistem plug-in. Namun setelah dibuka, ternyata tangki tersebut adalah tangki bensin konvensional yang berfungsi sebagai kosmetik saja.

Tidak ingin berlama-lama kecewa, Liputan6.com langsung menyalakan motor listrik. Panel instrumen menyala menunjukkan spidometer, odometer, indikator baterai, dan pilihan mode berkendara. Motor ini dilengkapi dengan 5 mode berkendara, yaitu 1 sampai 5. 1 memberikan respon paling lambat, dan 5 merupakan potensi sesungguhnya dari SDR.

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

Video Terkini