Sukses

Yamaha Mulai Uji Jalan Mobil Hidrogen

Tak hanya berfokus pada kendaraan roda dua, perusahaan otomotif asal Jepang, Yamaha mulai melakukan uji jalan mobil hidrogen 18 April mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya fokus pada kendaraan roda dua, perusahaan otomotif asal Jepang, Yamaha mulai melakukan uji jalan mobil hidrogen pada 18 April mendatang.

Seperti dilansir Japan Times, Senin (8/4/2019), mobil bernama YG-M FC tersebut diciptakan agar mampu memberikan pelayanan maksimal sebagai kendaraan ramah lingkungan. Meski demikian, Yamaha enggan mengungkapkan spesifikasi kendaraan secara gamblang.

Untuk mengetahui secara pasti performa kendaraan, uji coba akan dilakukan di jalur pusat kota Wajima, Prefektur Ishikawa, termasuk rute terjadwal sebagai bagian dari sistem transportasi baru kota "WA-MO".

Bila dibandingkan dengan kendaraan listrik dengan ukuran yang sama, prototipe mobil hidrogen dinilai memiliki keunggulan lebih karena mampu menempuh jarak lebih panjang.

Selain itu, mobil hidrogen diklaim memiliki waktu pengisian bahan bakar lebih pendek dan pemeriksaaan kendaraan secara rutin lebih sedikit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Inisiatif ini sejalan dengan strategi dasar Pemerintah Jepang dalam mempromosikan penyebaran dan pemasangan kendaraan sel bahan bakar serta stasiun hidrogen.

Hal ini juga sejalan dengan usaha pemerintah untuk mengatasi masalah sosial seperti mengurangi emisi gas rumah kaca dan memberikan transportasi ramah lingkungan jarak jauh.

Sejalan dengan promosi 'Transformasi Mobilitas' yang menjadi bagian dari visi jangka panjang dan langkah menuju target pengurangan 50 persen produk emisi CO2 serta 50 persen pengurangan penggunaan sumber daya dalam rencana lingkungan 2050, upaya ini akhirnya dilakukan.

Rencananya Yamaha akan menampilkan YG-M FC pada Pameran Teknik Otomotif 2019 di Yokohama mulai 22 Mei mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.