Sukses

Sepeda Motor Bisa Digunakan Tanpa Aki, tapi...

Anda mungkin pernah memaksakan menggunakan sepeda motor dengan aki yang sudah soak. Hal tersebut bisa saja, karena tanpa adanya aki pun sistem kelistrikan masih bisa menyala. Dari mana sumbernya?

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin pernah memaksakan menggunakan sepeda motor dengan aki yang sudah soak. Hal tersebut bisa saja, karena tanpa adanya aki pun sistem kelistrikan masih bisa menyala. Dari mana sumbernya?

Selama spul sepeda motor menyala, maka sistem kelistrikan berfungsi. Hanya saja, tanpa adanya aki, sepeda motormu tak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Namun, mungkin masih ada yang bersikap bodo amat, meski aki tak berfungsi. Asal motor masih menyala, ya sudah pakai saja.

Taukah kamu, apa yang terjadi jika memakai sepeda motor tanpa aki? Mengutip laman Wahana Honda, hal pertama yang pasti adalah Anda kesulitan menyalakan mesin.

Adanya electric starter memang untuk memudahkan pengendara untuk menyalakan mesin. Bayangkan jika electric starter tak berfungsi dan Anda harus menggunakan kick starter yang cukup merepotkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Hal lainnya adalah listrik mati total. Listrik sepeda motor tak akan bisa menyala ketika mesin motor mati. Listrik baru akan menyala ketika mesin dinyalakan.

Termasuk suara klakson yang akan bersuara jika mesin sudah menyala. Itupun suaranya terbilang sangat lirih.

Selain klakson, lampu sein juga tak akan optimal. Padahal, lampu sein menjadi komponen yang sangat vital di jalan raya. Selain untuk menunjuk arah mana yang akan dituju, lampu sein adalah media komunikasi antar pengendara.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Terakhir, lampu sepeda motormu akan berpendar sesuai dengan putaran (rpm) mesin. Jika putaran mesin rendah, pendar lampu akan redup. Sebaliknya, jika putaran mesin tinggi, lampu akan berpendar terang.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.