Sukses

Renault Triber, LMPV Baru yang Siap Masuk ke Indonesia

Setelah menunjuk Agen Pemegang Merek baru, Renault siap untuk memperkenalkan mobil Low MPV (LMPV). Secara global, mobil konsep ini bernama Renault LBC.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menunjuk Agen Pemegang Merek baru, Renault siap untuk memperkenalkan mobil Low MPV (LMPV). Secara global, mobil konsep ini bernama Renault LBC.

Setelah menjadi produk massal, pabrikan global menyebutnya sebagai Triber. Kelak unit inilah yang dijanjikan masuk sini dan bersinggungan dengan pasar LCGC.

“Waktu pengumuman perdana, kami sempat mengutarakan akan menghadirkan segmen LMPV dan beririsan dengan segmen LCGC. Saya terus terang saja itu pun sebatas yang kami tahu. Kami baru melihat produknya beberapa saat ke depan. Jadi mohon maaf belum bisa share banyak,” papar Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan, kala itu.

Menurut beberapa sumber, di bawah kap Triber, bakal mendapatkan iterasi yang lebih kuat dari mesin bensin tiga-silinder Kwid 1,0-liter (BR10). Konon tenaganya lebih besar 7 Tk dari milik Kwid (68 Tk dan Torsi 91 Nm). Kemungkinan mesin berkapasitas 1,2 liter, dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan milik Kwid. Lalu pilihan lain, transmisi otomatis lima percepatan (AMT).

Kenapa tak masuk skema LCGC saat masuk pasar Indonesia? Kendalanya komponen lokal. Selain efiensi bahan bakar minimal 20 kpl, komponen lokal yang disyaratkan minimal 80%. Sedangkan Renault belum memiliki fasilitas itu di Indonesia. Jadi, kelak mobil diimpor dari India, yang merupakan pasar besar bagi Renault.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

LMPV Renault pakai platform berdasarkan versi modifikasi dari CMF-A Kwid. Di India model dikenalkan pada sekitar Juli 2019. Unit juga bersinggungan dengan Datsun Go+, yang punya deret kursi tambahan (5+2). Sedangkan Renault, memberi desain yang lebih fungsional, memungkinkan untuk menawarkan lebih banyak ruang dalam kabin.

Sampai saat ini belum terlihat gambar jelasnya. Namun mitra kami, Cardekho memotret kamuflase Triber. Dari tebakan gambar, Triber disisipi lampu depan proyektor, DRL, pelek berukuran 15 inci dan empat airbags untuk keselamatan penumpang. Pada gambar ini pula, mobil terlihat mengadopsi interior dual-tone hitam dan krem. Lalu sistem infotainment layar sentuh tujuh inci dengan sentuhan warna perak dan krom di sekitar dashboard. Ia juga dibekali sistem infotainment dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Harapannya, Renault Triber juga menawarkan sensor parkir belakang, kamera mundur dan sistem peringatan kecepatan. Kemudian di kursi baris ketiga, mendapatkan tambahan ventilasi udara khusus. Triber bisa menjadi produk yang unik. Sebab terdapat perpaduan keserbagunaan LMPV, dengan kekompakan dan kemudahan penggunaan hatchback. Layak ditunggu kedatangannya di Indonesia.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.