Sukses

Yamaha Kembangkan Naked Bike Berteknologi Turbocharger

Teknologi turbocharger atau supercharger sudah umum digunakan pada mobil. Sementara itu, untuk sepeda motor baru Kawasaki Ninja H2 yang menggunakan supercharger.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi turbocharger atau supercharger sudah umum digunakan pada mobil. Sementara itu, untuk sepeda motor, salah satu yang terkenal adalah Kawasaki Ninja H2 dengan supercharger-nya.

Padahal, Suzuki juga merencanakan Suzuki Recursion, sebuah sportsbike modern retro dengan mesin turbocharger sejak 2013 silam.

Tak mau ketinggalan, mengutip dari Bennetts.co.uk, Yamaha kabarnya juga tengah merancang motor dengan turbocharger. Hanya saja, model yang digunakan bukan sportsbike full-fairing, melainkan naked-bike.

Berdasarkan bocoran rancangannya, turbocharger ini akan disematkan pada Yamaha MT-09. Mesin 3-silinder 847 cc pada motor tersebut nantinya diganti 2-silinder turbocharger. Tentu kubikasinya tak akan jauh dari 900 cc.

Sementara ini Yamaha telah merancang 2 desain peletakan turbocharger. Pertama ialah 2 knalpot turun dari mesin 2 silinder bergabung menjadi 1 pipa dan masuk ke turbocharger.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Desain kedua adalah 2 pipa knalpot ditekuk naik dan menjadi 1 pipa lalu masuk ke turbocharger. Kedua sistem tersebut nampaknya tak memiliki perbedaan di sisi performa.

Diduga rancangan yang ada saat ini dipersiapkan untuk menciptakan ruang bagi berbagai komponen lain, salah satunya adalah catalytic converter. Hal itu tak terlepas dari akan diterapkannya standar emisi baru di Eropa mulai tahun 2020 mendatang.

Memang, sampai saat ini Yamaha masih belum mengonfirmasi terkait waktu peluncuran Yamaha MT-series Turbo. Yang jelas, motor tersebut akan menjadi naked-bike pertama yang menggunakan turbocharger.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.