Babak Baru Mobil Esemka, Pindad Bakal Suplai Motor Listrik?

Oleh Amal Abdurachman pada 02 Apr 2019, 10:32 WIB
Diperbarui 03 Apr 2019, 13:15 WIB
Esemka Garuda 1

Liputan6.com, Boyolali - Nama Esemka tiba-tiba mencuat kembali di dunia maya. Ada foto sebuah mobil Esemka berstiker Pindad di dalam pabrik yang berlokasi di Desa Demangan, Sambi, Boyolali.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada balasan dari pihak Pindad saat Liputan6.com berusaha mengonfirmasi keberadaan nama Pindad di mobil Esemka tersebut. Namun, keberadaan stiker tersebut menandakan ada kerja sama antara pihak Pindad dan Esemka.

 

Mobil Esemka berlogo Pindad
Mobil Esemka berlogo Pindad (ist)

Namun, dari informasi yang kami himpun, Pindad sedang mengembangkan kendaraan listrik dengan pihak Esemka. Kemungkinan Pindad akan bertugas sebagai pemasok komponen kendaraan ramah lingkungan. Jika info tersebut benar, maka komponen elektrik tersebut pun bisa disematkan di mobil yang lain.

Untuk diketahui, aktivitas pabrik Esemka terlihat mulai ramai pada Oktober 2018 lalu. Saat itu sejumlah pekerja terlihat lalu lalang melakukan kegiatan di sekitarnya. Puluhan sepeda motor juga terparkir di sisi salah satu gedung. Pemandangan ini berbeda dengan beberapa bulan lalu dimana pabrik masih terlihat lengang dan tidak ada aktivitas.

Di halaman parkir pun terlihat kehadiran mobil berjenis pikap dan terdiri atas dua warna berbeda yakni putih dan abu-abu. Sekilas bak terbuka mobil-mobil itu memang terlihat seperti pikap pada umumnya, namun bagian depannya memiliki bentuk lain. Sejumlah warga sekitar yang ditemui menyebutkan, sejak beberapa bulan terakhir pabrik sudah terlihat ramai. Mobil-mobil Esemka baru keluar masuk pabrik sedangkan orang-orang berlalu lalang.

 

2 of 2

Jawaban Jokowi Terkait Perkembangan Esemka

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo turut menjadi saksi dalam peresmian kendaaran pedesaan buatan anak bangsa yang disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan diajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Munculnya mantan Walikota Solo itu sontak saja mengingatkan kita akan peristiwa beberapa tahun lalu, di mana Jokowi sangat gencar terhadap kehadiran mobil buatan Indonesia yaitu Esemka. Ya, mobil ini sempat digadang-gadang Jokowi kala itu bakal masuk jalur produksi untuk dibuat massal.

 

 
 

 

Selain itu, Esemka juga diklaim telah terpesan ribuan oleh konsumen di Tanah Air. Lantas apa kata Jokowi soal Esemka saat ini?

Menurut dia, saat ini persaingan otomotif sangat ketat. Bahkan mobil dengan desain bagus dan lokal konten tinggi, hal itu akan sulit bersaing jika harga tidak kompetitif.

"Esemka sudah diambil alih industri, kalau memang nanti pabrik Esemka sudah selesai dan bisa memproduksi, ya silahkan, karena itu memamg kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang," ungkap Jokowi kepada wartawan, Kamis (2/8/2018).

Esemka Sudah Tidak Ditangani

Sementara itu Sukiat, salah pelopor mobil Esemka yang kini menjabat sebagai Presiden Commisioner PT Kiat Mahalesa Wintor Indonesia (KMW) menyatakan bahwa Esemka sudah tak lagi ditanganinya. "Tapi sekarang masih ada, masih melakukan inovasi (studi dan pengembangan)," ucap Sukiat di tempat yang sama.

Sukiat juga berharap, ke depan, Esemka diharapkan bakal hadir kembali dengan pengembangan terbaru sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lain.

 
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by