4 Mobil Diesel yang Masih Jadi Incaran di Indonesia

Oleh Arief Aszhari pada 31 Mar 2019, 08:08 WIB
Toyota Kijang Innova Diesel (Oto.com)

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan mobil diesel saat ini masih menjadi incaran cukup banyak calon konsumen di Indonesia. Pasalnya, bagi yang sudah merasakan performa mesin berbahan bakar solar ini, pasti tahu keunggulannya, seperti terkenal bandel dan irit bahan bakar.

Melihat pasar yang masih cukup menarik ini, banyak pabrikan roda empat di Tanah Air yang tetap menghadirkan mobil diesel. Setidaknya, untuk beberapa tahun belakang, masih banyak jenama yang selain menghadirkan mobil mesin bensin, juga menghadirkan pilihan mesin diesel.

Berikut, 4 mobil diesel yang masih ditawarkan di Indonesia:

1) Toyota Kijang Innova Diesel

Untuk pilihan pertama, Toyota Innova Diesel. Toyota Kijang Innova tidak diragukan lagi kemampuannya sebagai salah satu mobil keluarga terbaik. Dengan mesin intercooler, berkapasitas 2.393 cc mampu mengeluarkan tenaga mencapai 147 Tk pada 3.400 rpm.

Selain itu, Toyota juga melengkapi mobil ini dengan sistem pengereman ABS dan EBD yang membuat kontrol pengereman semakin baik dan lebih aman saat dikendarai.

Untuk harganya, Toyota Kijang Innova diesel ditawarkan dengan empat varian, mulai dari G M/T Diesel Rp339,75 Juta, G A/T Diesel Rp361,25 Juta, DieselV M/ T Diesel Rp392,55 Juta, dan V A/T Diesel Rp412,55 Juta. Harga tersebut sudah on the road (OTR) Jakarta.

2 of 3

selanjutnya

Toyota all new Fortuner
Toyota All New Fortuner yang bermesin Diesel 2,4 liter (Foto: TAM)

2) Toyota Fortuner 2.4 G A/T

Setelah MPV, mobil Diesel yang yang cukup jadi rekomendasi, adalah SUV. Ada beberapa model favorit untuk SUV diesel, dan salah satunya Toyota Fortuner 2.4 G A/T.

Mobil ini dipersenjatai dengan mesin bertipe 2GD FTV, empat silinder inline, DOHC, VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. Dengan unit tersebut, mobil ini mampu mengembuskan daya hingga 148 Tk pada 3.400 rpm.

Harganya, Toyota Fortuner Diesel dibanderol Rp 533,4 juta.

All New Mitsubishi Pajero Sport 2016
mobil ini punya mesin Diesel baru 2,4 liter MIVEC 181 Tk yang dikombinasikan transmisi otomatis 8 percepatan. (Foto: New Pajero Sport Club Thailand)

3) Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT

Selain Toyota Fortuner, SUV diesel yang cukup banyak dicari konsumen, adalah Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT.

Mobil ini dipersenjatai dengan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2,4 liter MIVEC turbocharged dan intercooler. Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 178 Tk dan torsi 429,5 Nm.

Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi delapan percepatan yang pertama di kelasnya.

Harganya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT dilepas Rp 530,5 juta OTR Jakarta.

3 of 3

selanjutnya

KIA Grand Sedona Diesel
KIA Grand Sedona Diesel resmi meluncur di Indonesia. (Herdi Muhardi)

4) Kia Grand Sedona

Kia Grand Sedona baru ini diluncurkan secara resmi pada 2018. Secara keseluruan tampang KIA Grand Sedona mesin Diesel ini sama seperti versi mesin bensin, mulai dari depan yang dilengkapi tiger-nose grille design, projection head lamp with LED DRL (17EA), projection fog lamp, kemudian LED rear combination lamp dan ornamen garnish back door yang full, serta rear bumper.

KIA Grand Sedona versi diesel ini dilengkapi mesin tipe R 2.2 CRDI berkapasitas 2.199 cc yang mampu menghasilkan daya 197 Tk pada 3.800 rpm dan torsi 45.0 kgm pada 1.750-2.750 rpm.

Harga Kia Sedona diesel Rp 595 juta OTR Jakarta.

 

Lanjutkan Membaca ↓