Sukses

Sebulan Setelah Perkenalan, Yamaha MT-15 Alami Kenaikan Harga

Baru diluncurkan pada 4 Februari lalu, Yamaha MT-15 mengalami kenaikan harga. Dari awalnya Rp 34,95 juta menjadi Rp 35,335 juta atau naik Rp 385 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Baru diluncurkan pada 4 Februari lalu, Yamaha MT-15 mengalami kenaikan harga. Dari awalnya Rp 34,95 juta menjadi Rp 35,335 juta atau naik Rp 385 ribu.

Ini sungguh unik. Untuk apa menaikkan harga motor yang baru beredar selama sebulan?

"Untuk MT-15 memang ada penyesuaian harga saja karena menyesuaikan dengan perubahan harga BBN," terang Antonius Widiantoro, Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, ketika dihubungi via pesan singkat, (28/3).

Sekarang saja, kami belum banyak melihat Yamaha MT-15 berseliweran di jalan. Bisa diasumsikan populasinya belum tumbuh. Konsumen butuh waktu untuk membeli sebuah produk kendaraan bermotor.

Keputusan membeli tidaklah terbit dalam tempo yang singkat. Apalagi, MT-15 merupakan spesies baru. Ia bukanlah generasi kedua atau versi facelift dari model yang sudah ada sebelumnya. Murni model baru.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebut, pasar motor Indonesia secara total (domestik dan ekspor) sudah menyentuh angka 6,38 juta.

Secara spesifik, di pasar domestik, Yamaha mengalami penurunan alokasi pasar (market share). Januari-Februari 2018 (year to date – YTD), Yamaha berhasil berkontribusi sebanyak 22,6 persen (208 ribu) dari total penjualan 922 ribu unit.

Tahun ini (YTD 2019-Jan Feb), market share mereka turun menjadi 19,3 persen. Padahal, pasar domestik sedang mengalami kenaikan 19,4 persen menjadi 1,1 juta unit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Secara jumlah, sejatinya Yamaha mengalami kenaikan. YTD 2019, mereka sudah menjual 212 ribu unit dengan persentase tersebut. Tapi kenaikan Yamaha tidak seimbang dengan perkembangan pasar yang terjadi.

Langkah menaikkan harga di tengah perkembangan yang seperti ini, tentu tidak bijak. Apalagi jika berkaca trend motor sport terus menurun. Tahun ini, jenis sport hanya teralokasikan 6,4 persen. Menaikkan harga di tengah respons pasar yang negatif tentu berisiko.

Yamaha MT-15 hadir sebagai pelengkap di lini sport naked bike Yamaha. Mereka sudah punya Byson, Xabre, Vixion hingga Vixion R di level naked 150 cc. Lebih luasnya, naked bike mereka ada pula MT-25, MT-09, WR250R hingga MT-09 tracer.

Konsep MT-Series, kental melekat pada naked bike teranyar yang baru naik harga ini. Paras unik disajikan dengan rumah lampu berbentuk wajah robot.

Kaki-kakinya kekar berkat suspensi upside down di bagian depan serta banana arm di buritan. Rangka deltabox jadi penyusun utama sasisnya. Mesin 155 cc yang kita temui di R15 dan Vixion R, ada di bawah tangki MT-15.

Dengan fitur sama; katup variabel, assist serta slipper clutch, Yamaha janjikan pengendaraan yang mengasyikkan pada motor pejantan ini. Semoga saja, kenaikan harga MT-15, tak mengubah ekspetasi calon konsumen yang ingin merasakan keasyikannya ya! 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini