Mengenal Istilah All-New dan Facelift di Dunia Otomotif

Oleh Liputan6.com pada 28 Mar 2019, 10:09 WIB
Diperbarui 28 Mar 2019, 11:17 WIB
Performa All new Chevrolet Trax

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan otomotif sering menyematkan embel-embel facelift atau all-new pada produk terbarunya. Misalkan saja Honda CBR150R facelift, Toyota Avanza facelift, dan all-new Nissan Serena.

Sebenarnya apa perbedaan antara facelift dan all-new

Mengutip dari Autotrader.com, sebenarnya masih ada 1 istilah lagi, yaitu refresh. Kata ini merujuk kepada penggunaan warna atau pun striping baru pada kendaraan dan kerap disebut sebagai penyegaran.

Biasanya, penyegaran ini dilakukan setiap tahun dan kebanyakan dilakukan oleh pabrikan sepeda motor. Selain itu, desain yang diterapkan kemudian akan diganti lagi pada tahun berikutnya.

Sementara itu, facelift berarti ada warna/ striping baru yang disematkan serta terdapat perubahan minor secara fisik, biasanya eksterior, seperti headlight, grille, dan taillight.

Sebagai contoh, Toyota Avanza 2019 yang baru saja dirilis pada Januari lalu adalah versi facelift dari model sebelumnya. Yang berubah pada mobil MPV tersebut hanya headlight dan taillight saja, sedangkan bentuk bodinya tetap.

 

 

 

2 of 3

Selanjutnya

Selain itu, Yamaha R25 juga merupakan versi facelift. Sportsbike tersebut hanya mendapat perubahan desain pada fairing dan headlight, sedangkan sektor tengah sampai belakang masih sama dengan model sebelumnya.

Sedangkan all-new, seperti artinya, semua eksterior mobil benar-benar baru dan berbeda dari model sebelumnya, seperti all-new Nissan Livina, all-new Nissan Serena, dan all-new Honda CBR250RR yang dirilis 2016 silam.

Sumber: Otosia.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by