Sukses

Begini Cara Ampuh Melahap Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Kopling

Motor kopling memiliki daya tarik bagi pecintanya. Selain dinilai lebih keren, motor dengan perpindahan gigi ini disebut lebih kencang saat dikendarai.

Liputan6.com, Jakarta - Motor kopling memiliki daya tarik bagi pecintanya. Selain dinilai lebih keren, motor dengan perpindahan gigi ini disebut lebih kencang saat dikendarai.

Namun, tak semua pengendara motor dapat mengendarai motor kopling, karena pengendara harus mampu menyesuaikan tuas kopling dan gas.

Bagi pengendara pemula, tak jarang motor yang dikendarai justru mati secara tiba-tiba. Selain itu, pengendara juga harus tau bagaimana menyikapi motor kopling di tanjakan maupun turunan.

Berikut hal yang harus diperhatikan saat berkendara dengan motor kopling di jalan menanjak dan menurun seperti dilansir Wahana Honda, Senin (25/03/2019).

1. Belajar dengan Pengendara Berpengalaman

Untuk mempelajari cara mengendarai motor kopling, pengendara harus diawasi seseorang yang berpengalaman. Coba ikuti panduan yang diberikan.

Cara mengendarai motor kopling sendiri sebenarnya sangat mudah. Anda hanya harus membiasakan tangan kirimu untuk melepas kopling di saat yang benar. Tak lupa latih intuisi dan feeling-mu, agar tak kesulitan mengendarai motor dengan transmisi manual manapun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Jangan Takut Latihan di Tanjakan

Setelah lancar melaju di jalanan yang datar, saatnya Anda melaju di tanjakan. Lakukan hal ini dengan baik.

Jaga kecepatan agar tidak turun, modal awal menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.

Pastikan kamu ada di persneling 3. Jangan masukkan gigi lebih dari 3 karena persneling yang besar tidak akan kuat mendorong motor di jalan menanjak.

Ketika kecepatan melambat seiring menanjaknya motormu, turunkan persneling di gigi 2. Motormu akan sedikit meraung karena gigi ini membuat motor mendapatkan daya dorong lebih optimal.

Jika masih dirasa tidak kuat untuk menanjak, segera oper ke gigi 1. Ingat, pastikan di gigi 1 jangan sampai kamu salah oper ke gigi netral.

3. Jangan Menaikkan Gigi Persneling Saat Menanjak

Ada beberapa larangan saat mengendarai motor kopling di tanjakan. Salah satunya mengoper persneling ke gigi yang lebih besar. Walaupun dalam kecepatan tinggi, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Karena motor bisa saja kehilangan daya dorong, sehingga pengendara panik dan motor mati di tengah perjalanan.

4. Melewati Turunan

Walaupun awalnya sulit, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling di jalan menurun.

Waspada akan adanya jalan lain dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping. Gunakan engine brake untuk membantu pengereman.

Gunakan gigi 3 untuk kenyamanan dalam turunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.