Cara Mudah Atasi Getah Pohon dan Kotoran Burung yang Menempel di Bodi Mobil

Oleh Liputan6.com pada 25 Mar 2019, 06:10 WIB
Diperbarui 25 Mar 2019, 06:10 WIB
20160301-Puluhan Mobil Mewah Disiapkan Sambut Delegasi KTT OKI
Perbesar
Petugas melihat kondisi Mercedes Benz di Parkir Timur Senayan Jakarta, Selasa (1/3/2016). 35 unit Mercedes Benz type E250 dan 21 unit BMW seri 520d disiapkan sebagai kendaraan delegasi KTT Luar Biasa OKI, 6-7 Maret. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Risiko kena kotoran burung atau getah pohon sangat besar terjadai saat kita parkir mobil di ruang terbuka. Kesannya sepele, padahal keduanya  ternyata sulit dibersihkan. Tidak semudah membersihkan lumpur yang melekat di bodi mobil.

Tapi jika kita mengalami hal itu, tidak usah panik. Sebab, dua jenis kotoran itu sebenarnya bisa dibersihkan hanya memakai lap basah, bila kejadiannya baru dan kotoran pun belum mengering.

"Terkadang ada kotoran yang sulit untuk dibersihkan. Butuh usaha lebih terutama jika kotoran dari burung itu sudah menempel terlalu lama di bodi mobil, itu jelas sedikit susah dibersihkan," jelas Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur, Bambang Sulistiyanto, dikutip dari laman Auto2000.

Tapi jika kotoran sudah sulit dibersihkan, maka Otolovers perlu membeli cairan khusus penghilang noda yang tersedia di toko akesesori mobil atau pasar swalayan.

Jika tetap tak bisa, artinya kita harus mendatangi bengkel bodi dan cat untuk menghilangkan kotoran itu.

"Kami menyarankan jangan pernah menggunakan benda tajam, karena akan membuat bodi atau kaca mobil jadi lecet," tambah Bambang.

Sumber: Otosia.com

Mengintip Biaya Perbaikan Body Mobil di Bengkel Resmi

Salah satu mimpi buruk dari pemilik mobil adalah saat kendaraan kesayangannya baret akibat tak sengaja bersenggolan dengan tembok, atau tergores oleh motor di saat kemacetan.

Bagi yang tak berpengalaman, memilih bengkel cat menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, bengkel cat yang tidak resmi dikhawatirkan tidak memiliki hasil seperti yang diharapkan. Sedangkan jika memilih fasilitas body & paint di bengkel resmi, dikhawatirkan harga akan melambung tinggi.

Mengenai harga, fasilitas body & paint milik Auto2000 mematok harga berdasarkan jumlah panel yang dikerjakan. Buddy Sukmawan, Service Supervisor Body and Paint Auto2000 Singosari, mengatakan, " Untuk harga per panel kita patok berbeda-beda tergantung dari modelnya. Misalkan harga per panel Toyota Avanza mulai dari Rp800 ribu, sedangkan Innova dipatok mulai dari Rp900 ribu."

Seperti apa hitungan panel yang dimaksud? Misalkan bumper depan itu dihitung satu panel, satu pintu dihitung satu panel, kap mesin dihitung satu panel, dan yang lain pun sama perhitungannya. 

Konsumen pun tak perlu khawatir cat hasilnya akan belang dengan mobilnya. " Di Auto2000 sudah terkomputerisasi untuk pencocokan warnanya, kita pun punya satu orang spesialis untuk memastikan warna yang disiapkan dengan warna di mobil tetap sama. Jadi tidak full tergantung komputer, tetap kualitas akhir dipantau oleh mata yang terlatih," sambung Buddy, saat media gathering di Auto2000 cabang Singosari.

Selain itu, bagi mobil dengan pengerjaan 3 panel segaris dan kerusakan ringan (kedalaman penyok tak sampai 3 mm), Auto2000 menjanjikan proses pengerjaan hanya 8 jam atau disebut Express Body Paint. 

Lanjutkan Membaca ↓