Sukses

Motor Mogok Setelah Dicuci, Coba Cek Tiga Komponen Ini

Sebagai kendaran sehari-hari, sepeda motor sering kali menghadapi hujan dan genangan air. Untuk menjaga tampilan dan selalu terlihat keren saat berkendara, pemilik 'wajib' mencuci motornya setelah digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kendaran sehari-hari, motor sering kali menghadapi hujan dan genangan air. Untuk menjaga tampilan dan selalu terlihat keren saat berkendara, pemilik 'wajib' mencuci motornya setelah digunakan.

Sayangnya cuci motor tak boleh asal mencuci saja. Jangan sampai ketika selesai dibersihkan, motor kesayangan sulit untuk dihidupkan.

Meski tak berbahaya untuk kesehatan motor, tapi hambatan seperti ini akan sangat mengganggu ketika sedang terburu–buru.

Berikut terdapat tiga komponen yang harus diperiksa ketika motor tak bisa menyala setelah dicuci seperti dilansir Wahana Honda, Minggu (24/3/2019).

1. Air masuk karburator

Saat dicuci, bisa saja air masuk ke dalam mangkuk karburator secara tidak sengaja. Komponen ini merupakan tempat pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara, keberadaan air tentu sangat mengganggu.

Solusinya, pemilik kendaraan harus membuka mangkuk karburator. Pastikan, Anda sudah menutup kran bensin terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kop Busi

Kop busi motor bisa menjadi masalah utama pada mogoknya motor karena air sangat mudah masuk ke dalam bagian itu. Kop busi merupakan bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi.

Untuk membersihkannya, pemilik hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

3. Perangkat sistem pengapian

Selain cop busi, bagian elektroda dari busi juga bisa saja mengalami kelembaban akibat terkena air saat motor dicuci. Selain memastikan komponen ini kering, Anda juga harus mengecek kondisi kelistrikan.

Pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Coba nyalakan motor dengan kick starter. Jika ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tak ada masalah.

Namun, jika tidak ada arus listrik yang terlihat, maka pemilik wajib mengecek sistem pengapian seperti soket dari CDI. Telusuri jalur dari pangkal kabel busi. Ikuti jalurnya sampai menemukan komponen lain seperti koil dan CDI. Pastikan tak ada yang salah dengan komponen–komponen ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.