Sukses

Mungkinkah Masalah pada ECU Terjadi Secara Tiba-Tiba?

Sistem kelistrikan mobil yang disebut dengan electronic control unit (ECU) biasanya berada di dua lokasi, yakni kabin dan ruang mesin.

Liputan6.com, Jakarta Pusat pengaturan sistem kelistrikan mobil yang disebut dengan electronic control unit (ECU) biasanya berada di dua lokasi, yakni kabin dan ruang mesin.

Sebagai salah satu komponen penting pada mobil, mungkinkah ECU mengalami kerusakan secara tiba-tiba meski kondisi sebelumnya normal?

Dijelaskan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kemungkinan terjadinya kerusakan pada ECU dapat terjadi secara tiba-tiba, meski jarang terjadi.

"Kalau dikatakan bisa ya bisa saja, namun jarang terjadi. Biasanya disebabkan ada sesuatu yang masuk ke ECU. Karena komponen di dalamnya bisa terjadi korsleting sehingga kerusakan bisa timbul," kata Didi kepada Liputan6.com, Minggu (24/3/2019).

Didi mengatakan, salah satu contoh kemungkinannya masuknya cairan ke dalam ECU yakni saat pemasangan kaca film.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Ada model yang ECU-nya terletak di bawah dashboard. Pada saat pemasangan kaca film depan kalau tidak dialasi dengan kain atau handuk cairan yang digunakan untuk memasang kaca film bisa turun ke ECU dan menyebabkan korsleting," ujar Didi.

Untuk ECU yang terletak di ruang mesin, Didi menghimbau pemilik kendaraan untuk tidak mencuci ruang mesin dengan air bertekanan tinggi.

"Dan ada ECU yang diletakan di ruang mesin. Sebaiknya jangan disiram air, karena ada yang mencuci ruang mesin itu menggunakan air bertekanan tinggi sehingga air bisa masuk ke ECU," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini