Sukses

Suzuki Baleno Salip Penjualan Honda Jazz pada Februari 2019

Honda Jazz harus rela melepas gelar mobil hatchback terlaris. Penjualan secara wholesale (dari pabrik ke dealer) Honda Jazz mengalami penurunan yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Jazz harus rela melepas gelar mobil hatchback terlaris. Penjualan secara wholesale (dari pabrik ke dealer) Honda Jazz mengalami penurunan yang signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Jazz mencatatkan distribusi sebanyak 986 unit pada Februari 2019 lalu, turun dari 1.423 di Januari.

Sementara itu, Suzuki Baleno menjadi mobil hatchback terlaris setelah distribusinya mengalami peningkatan yang signifikan. Pada Februari lalu, angka penjualannya mencapai 1.239 unit. Padahal, di Januari hanya 19 unit.

Tak hanya Honda Jazz, penurunan penjualan juga dialami oleh Toyota Yaris dan terbilang cukup siginifikan, lebih dari 50%. Tercatat sebanyak 700 unit yang terdistribusi pada Januari dan turun menjadi 306 unit di Februari.

Sementara itu, penjualan secara wholesale Mazda 2 terbilang stabil. Angka distribusi mobil ini naik sedikit dari 117 unit di Januari menjadi 138 unit pada Februari.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda Jazz Terbaru Berubah Total?

Honda diketahui sedang meracik model terbaru dari hatchback andalannya, Jazz. Kabar yang berhembus, ada banyak ubahan pada calon model teranyar ini.

Dilansir dari stus Motor1, hatchback itu disebut menggunakan chassis baru yang lebih lebar dari yang dipakai saat ini. Yang paling menarik, Jazz dikabarkan bakal menggendong mesin turbo. Ya, pendekatan yang sama dengan CR-V dan Civic terbaru.

Dalam foto, terlihat stiker kamuflase membungkus mobil yang diduga Honda Jazz baru yang sedang diuji coba. Itu bisa berarti perubahannya banyak, dari segi eksterior.

 

 
 

 

Bisa dideteksi, lampu depan anyar dengan proyektor dan lampu strip di atasnya, kemungkinan lampu sein. Pahatan pada kap mesin terlihat mirip dengan Jazz yang masih dijual saat ini.

Bagian kaca kecil pada pilar A masih dibawa dari desain Jazz generasi terkini. Fungsinya, memberi ekstra visibilitas dari blind spot pada pilar A.

Sedang bagian belakang terbungkus rapat. Tapi masih bisa dilihat desain lampu berubah, menjadi lebih horizontal dan menyeberang sampai ke tailgate. Entah itu reflektor atau memang lampu belakang.

Rumor yang beredar dari situs otomotif Jepang, Jazz baru bakal muncul pada musim gugur 2019 di pasar domestik. Sasis baru yang lebih lebar, juga jadi perbincangan bakal jadi rangka Jazz nanti.

Untuk pasar domestik Jepang, rumor juga beredar mesin 3-silinder 1,0 liter dengan sokongan turbocharger bakal bernaung di balik kap mesin Jazz baru. Bukan hal aneh, karena mesin itu bisa ditemui pada Civic di sejumlah pasar tertentu. Tenaganya mencapai 125 hp.

 

Sementara pilihan mesin hybrid juga ada untuk pasar tertentu dan kabarnya menggunakan layout baru dengan dua motor elektrik, menggantikan satu motor yang ada pada Jazz hybrid sekarang. Sedang di bagian interior kabin tentu ada peningkatan. Salah satunya dari infotainment lebih modern dengan sistem navigasi baru dan jaringan Wi-Fi di dalam mobil.

Detail lain masih harus menunggu, sampai ada bocoran atau informasi resmi dari Honda. Melihat perkiraan meluncur pada tahun depan, seharusnya tak lama lagi tersedia informasi detail maupun foto spyshot yang lebih jelas.

Honda Jazz dan Fit generasi ketiga yang masih beredar saat ini, lahir pada 2014 silam. Pada 2017, Jazz di Indonesia mendapat penyegaran dari sektor desain, mengganti grille dan bemper, serta peningkatan fitur ringan. Melihat usianya kini, Jazz sudah cocok untuk mendapat ubahan menyeluruh atau berganti generasi sekalian.

Sumber: Oto.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.