Bus Listrik Transjakarta Diuji Selama 6 Bulan

Oleh Dian Tami Kosasih pada 21 Mar 2019, 14:41 WIB
Bus Listrik Transjakarta Akan Lakukan Uji Coba Selama 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai langkah menciptakan kendaraan umum ramah lingkungan, PT Transportasi Jakarta siap menggunakan bus listrik untuk armada Transjakarta.

Setelah mengkaji instruksi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan uji coba bus listrik melalui komitmen dengan para penyedia yang bersedia diseleksi yang tertuang dalam nota kesepahaman bersama (Memorandum of Under Standing/MOU).

Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono menjelaskan uji coba terkait bus listrik akan dilakukan selama 6 bulan.

"Tentunya tergantung pada kesiapan para mitra, untuk mencapai keseiapan uji coba. Berapa lama kita targetkan kalau bisa jalan di tahun ini makan sekitar 6 bulan untuk uji coba," kata Agung di Kemayoran, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Selain itu, Agung menegaskan beberapa syarat seperti uji tipe kendaraan dan hal yang berkaitan dengan peraturan kementrian perhubungan harus dipenuhi sebelum melakukan uji coba.

2 of 2

Selanjutnya

"Armada harus memenuhi regulasi dalam hal uji tipe, regulasi dari Kementerian Perhubungan yang tentu harus kita patuhi dan memenuhi proses. Transjakarta akan mendukung sepenuhnya hal tersebut sehingga akan berjalan sesuai ketentuan," kata Agung.

Saat disinggung berapa armada yang akan melakukan uji coba, Agung mengaku belum mengetahui secara pasti keseluruhan jumlah unitnya.

"Jadi untuk uji coba kita bukan menetapkan jumlah minimal tapi kita ingin betul-betul yang memenuhi syarat. perkiraan dari pak Gubernur mengestimasi 10 armada. Tapi kita lihat nanti sebarapa jauh kesiapan dari para penyedia, tapi paling enggak kita lihat sudah ada tiga armada yang ada di sini," tutur Agung.

Lanjutkan Membaca ↓