SUV Termewah dari Rolls-Royce Resmi Dijual di Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 20 Mar 2019, 16:07 WIB
Rolls-Royce Cullinan

Liputan6.com, Jakarta - Rolls-Royce Cullinan yang diklaim sebagai SUV termewah di dunia resmi dijual di Indonesia. Sayangnya, harga mobil yang diniagakan Rolls-Royce Motorcars Jakarta ini berstatus price by order.

Di pasar Eropa, unit dibanderol mulai dari £250,000 atau sekitar Rp 4,73 miliar. Dengan skema pajak PPnBM 125 persen di Indonesia diprediksi harganya bisa melambung dua kali lipat lebih.

Dan inilah produk SUV pertama Rolls-Royce. Cullinan adalah rival Bentley Bentayga ini juga tak kalah bongsor. Lihat saja, ia memiliki dimensi sepanjang 5.341 mm, lebar 2.165 mm dan tinggi 1.835 mm. Lalu Cullinan punya sumbu roda yang membentang sepanjang 3.295 mm.

Rolls-Royce Cullinan memiliki bobot sebesar 2.660 kg. Artinya, mobil lebih berat sekitar 200 kg dibandingkan Bentayga. Demi mengimbangi dimensi besar dan bobot itu, tertancap jantung mekanis yang besar pula. Menggendong mesin bensin 6,75 liter twin turbo berkonfigurasi V12. Betul, sebuah mesin yang juga dimiliki Phantom.

Hasil pembakaran dalam mesin, melecutkan daya 571 PS pada 5.000 rpm dan dorongan torsi 850 Nm pada 1.600 rpm. Kemudian lontaran tenaga dipadukan transmisi otomatis 8-speed.

Diklaim penyalurannya sangat halus dan senyap. Kenyamanan terbaik juga ditawarkan saat melaju on dan off road. Mereka tetap meracik Cullinan dengan Magic Carpet Ride, khas Rolls-Royce lewat arsitekturnya.

 

2 of 3

Selanjutnya

Di balik kemewahan sang SUV, sasis monokok aluminum spaceframe menjadi penegak seluruh bodi mobil. Rancang bangun ini, disebut sebagai Architecture of Luxury oleh pabrikan. Sangat mirip dengan milik Phantom. Jadi meski tampangnya SUV, namun tak ayal, bisa senyaman sedan mewah. Sebab, itulah yang menjadi nilai jual sebuah kendaraan premium.

Masih ada hal lain yang menarik dibahas. Amsal, pada suspensi udara di seluruh rodanya. Ketinggian bisa disesuaikan, dengan menekan tombol konsol tengah. Anda pun mampu mengubah ground clearance menjadi 40 mm lebih tinggi. Apalagi semua pintu bisa ditutup secara elektrik, dengan hanya sentuhan tombol. Kenyamanan penumpang adalah fokus utama.

Legroom penumpang di kursi belakang juga diklaim yang terbaik dari seluruh SUV premium. Selain lega, sisi kemewahan bisa dibikin lebih personal. Anda bisa memilah sendiri bahan atau material interior, jenis kelir yang dilaburkan dan masih banyak lagi. Cullinan makin mantap, berkat sistem infotainment yang diadopsi dari iDrive BMW. Maklum, mereka satu grup usaha yang bisa saling berbagi teknologi.

Tak ada banderol dan target spesifik pada Cullinan. Semua bergantung pada kuota yang diberikan prinsipal di Inggris. Namun jika berminat, kemungkinan unit bisa sampai ke tangan Anda pada akhir 2019 atau dijanjikan awal 2020. Tertarik?

Sumber: Oto.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓