Ternyata, Mobil Mewah Lexus Bisa Servis di Auto2000

Oleh Amal Abdurachman pada 20 Mar 2019, 10:05 WIB
Mobil Lexus bisa servis di Auto2000

Liputan6.com, Surabaya - Ada satu hal yang menarik saat berkunjung ke dealer Auto2000 HR Muhammad Surabaya, yaitu kehadiran satu stall khusus untuk mobil Lexus. Rupanya, Auto2000 menerima mobil mewah Lexus untuk servis rutin.

Hal tersebut dibenarkan oleh Andreas Totok, Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya. " Pada dasarnya teknisi kami sudah dilatih untuk servis mobil Toyota dan memiliki kemampuan untuk menangani mobil Lexus," ungkap Totok saat media gathering Auto2000 di Surabaya.

Ya, Lexus merupakan divisi mobil mewah milik Toyota, sehingga teknisi Toyota pun sudah dilatih agar mampu menangani mobil Lexus. Hanya saja, untuk pemilik mobil Lexus tak bisa langsung servis, karena harus booking terlebih dahulu.

" Untuk mobil Lexus, konsumen konsultasi terlebih dahulu ke Lexus pusat di Jakarta. Nanti suku cadang akan dikirimkan ke bengkel Auto2000 yang dituju, misalkan saja ke Surabaya. Konsumen Lexus pun tak dikenakan biaya, karena Lexus yang masih dalam masa garansi, biaya suku cadang dan jasa masih di-cover," sambung Totok.

Tak hanya mobil mewah Lexus, mobil berjenis hybrid pun bisa diservis di Auto2000 tanpa ada kendala. Totok mengaku pernah mendapat konsumen Toyota Camry hybrid yang baterainya sudah harus diganti. "Waktu itu kita pernah ganti baterai Camry hybrid, biaya baterai plus jasa mencapai 60 juta rupiah. Untuk baterai limbah kita serahkan ke TAM, karena di kita belum ada fasilitas pengolahan limbah baterai," pungkas Totok.

 

2 of 3

Anti Kaget, Begini Cara Auto2000 Beberkan Biaya Servis Mobil

Buku menu servis di Auto2000 HR Muhammad Surabaya
Buku menu servis di Auto2000 HR Muhammad Surabaya (Amal/Liputan6.com)

Servis menjadi salah satu ritual yang wajib dijalankan oleh pemilik mobil. Terkadang konsumen was-was untuk mengantisipasi biaya servis yang akan dikenakan.

Auto2000 HR Muhammad Surabaya memiliki cara unik untuk memberikan estimasi biaya servis kepada konsumennya, yaitu dengan memberikan buku 'menu' layaknya restoran saat konsumen masuk ke bengkel resmi.

 
 

Buku menu tersebut berisikan beragam model-model Toyota dan break-down estimasi biaya servis berdasarkan jarak tempuh. Buku menu tersebut pun menjelaskan estimasi waktu perbaikan.

Lantas bagaimana jika ada perubahan biaya? Totok selaku Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad mengatakan, "Janji ketepatan 67 persen, jika ada yang melenceng akan diinformasikan ke konsumen. Jika ada kerusakan suku cadang lain pun akan diinformasikan ke konsumen."

Keputusan akhir pun akan diserahkan kembali ke konsumen. Misalnya shockbreaker ada kebocoran dan konsumen tak mau ganti, maka akan diinformasikan bahwa rasa berkedara akan sedikit keras dibanding biasanya.

Saat menunggu, konsumen tak perlu repot-repot mencari informasi pengerjaan mobil sudah sampai mana.

Auto2000 menerapkan layar Car Status Board, dimana konsumen dapat melihat proses pengerjaan mobil, estimasi waktu penyelesaian, dan Service Advisor yang bertanggung jawab.

 
3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓