Sukses

Waspada Knalpot Palsu, Begini Cara Mengenalinya

Keberadaan knalpot palsu dengan wujud yang mendekati aslinya bisa membuat konsumen kebingungan. Terlebih lagi jika knalpot palsu tersebut menyematkan merek yang populer.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan knalpot palsu dengan wujud yang mendekati aslinya bisa membuat konsumen kebingungan. Terlebih lagi jika knalpot palsu tersebut menyematkan merek yang populer.

Contohnya adalah Daytona yang diproduksi PT Daytona Azia. Produsen perwakilan Jepang yang memasarkan aneka produk balap dan harian sepeda motor baru-baru ini memasarkan model untuk lintasan balap yang juga bisa dipakai harian.

Tidak tanggung-tanggung, produk itu ditujukan untuk skutik. Salah satunya adalah knalpot yang secara spesifikasi bisa meningkatkan daya.

Untuk membedakan dengan yang palsu, Daytona buatan PT Daytona Azia pun disuguhkan dengan ciri-ciri yang menurut mereka sulit ditiru.

"Yang agak susah dipalsukan 'jaket' sama 'end cap'," ujar Ricky Hariyadi selaku General Manager Product & Marketing Daytona Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kenapa bagian itu menjadi ciri khusus yang sulit untuk dipalsukan, Ricky pun menjelaskan bahwa prosesnya tidak mudah.

"Ini lumayan sulit dan cost-nya lumayan tinggi. Kalau yang palsu mungkin langsung dilas atau pakai pelat besi atau krom. Soal material kalau dilihat mata mungkin sulit untuk dibedakan ya (jadi ornamen tadi yang menjadi ciri khusus)," ujarnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.