Sukses

5 Tips Beli Mobil Biar Kantong Enggak Bolong

ak bisa dipungkiri, harga mobil baru memang sering kali begitu mahal hingga membuat seseorang harus merogoh koceknya hingga sangat dalam.

Liputan6.com, Jakarta Membeli mobil bukan hanya sebuah pemenuhan gaya hidup. Lebih dari itu, mobil juga bisa menjadi sebuah modal investasi dan alat transportasi saat ada keadaan darurat.

Namun, terkadang kebutuhan membeli mobil terbatas pada minimnya dana. Tak bisa dipungkiri, harga mobil baru memang sering kali begitu mahal hingga membuat seseorang harus merogoh koceknya hingga sangat dalam.

Jangan khawatir, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan kok untuk membeli mobil dengan harga terjangkau. Apa saja?

1. Pilih mobil second

Banyak kok mobil bekas atau second yang kualitasnya tak beda jauh dengan mobil baru. Asalkan, Anda membelinya dari dealer mobil bekas atau situs yang sudah terpercaya. Walaupun begitu, usahakan untuk melihat kondisi mobil dan lakukan test drive terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli mobil bekas, yaitu kondisi bodi dan mesin, serta angka kilometer.

2. Jangan sungkan bernegosiasi

Saat hendak membeli mobil di dealer, jangan ragu untuk bernegosiasi harga. Coba tawar mobil yang Anda inginkan dengan harga di bawah anggaran yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki budget Rp 300 juta, coba tawar mulai dari Rp 250 juta. Jadi, saat penawaran itu ditolak, Anda bisa berangsur ke harga yang lebih tinggi tetapi masih dalam batas aman. Apabila harga akhir yang ditawarkan dealer masih terlalu tinggi, coba cari dealer yang lain.

3. Pilih mobil sesuai kebutuhan

Mobil keren dan sporty memang banyak, tetapi jangan membelinya hanya karena gengsi dan keinginan. Saat dana masih terbatas, sebaiknya pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda memerlukan mobil untuk pergi bersama keluarga, maka Anda bisa memilih mobil jenis MPV. Selain itu, sebisa mungkin pilih mobil dengan bahan bakar irit dan harga jual stabil. Dengan begitu, mobil bisa menjadi salah satu modal investasi Anda.

4. Siapkan dana minimal 25 persen dari harga mobil

Tips ini berlaku kalau Anda ingin membeli mobil secara kredit. Anda perlu menyiapkan dana minimal 25 persen dari harga mobil karena mengikuti aturan uang muka yang ditetapkan Bank Indonesia (BI). Semakin besar modal yang Anda miliki sebenarnya lebih bagus, agar kredit yang harus Anda bayarkan tiap bulannya juga semakin kecil.

5. Beli mobil pada waktu tepat

Siapa sangka, ternyata ada waktu-waktu terbaik untuk membeli mobil, lho. Menurut survei dari beberapa sumber, waktu terbaik untuk membeli adalah saat akhir tahun. Pasalnya, pada akhir tahun banyak diselenggarakan pameran mobil yang menawarkan beragam promo dan potongan harga menarik.

Awal tahun juga bisa jadi momen tepat untuk membeli tahun. Umumnya, pada awal tahun, produsen mobil meluncurkan seri terbarunya. Mereka pun akan mempromosikan mobil baru ini dengan potongan harga yang lumayan besar.

Nah, itu adalah beberapa tips untuk membeli mobil dengan harga terjangkau. Setelah membeli mobil, tak ada salahnya untuk mulai menyicil membeli aksesori mobil juga. Sebab, sering kali mobil bekas atau dengan harga miring, memiliki fasilitas yang agak minim. 

Supaya tak boros, manfaatkan juga promo untuk mencari sound system atau aksesori mobil lainnya. Saat ini, sedang ada promo Tokopedia Maret Mantap. Dengan promo ini, Anda bisa beli apa saja dengan cashback mantap total hingga Rp 1 juta. 

Anda juga bisa mendapatkan kupon Free Ongkir hingga lima kali kalau melakukan pembayaran pakai OVO. Lebih asyik lagi, Anda juga bisa punya kesempatan dapat hadiah dengan total Rp 15 miliar. Ikuti Tap Tap Mantap setiap hari pada pukul 12.00 - 13.00 dan 17.00 - 18.00. 

Yuk, segera ikutan!

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.