Sukses

Jangan Salah, Ini Cara Mudah Membersihkan Rantai Motor

Rantai merupakan salah satu komponen yang perlu mendapat perawatan rutin pada sepeda motor. Hal itu tidak terlepas dari fungsinya untuk meneruskan tenaga yang disalurkan transmisi ke roda belakang.

Liputan6.com, Jakarta - Rantai merupakan salah satu komponen yang perlu mendapat perawatan rutin pada sepeda motor. Hal itu tidak terlepas dari fungsinya untuk meneruskan tenaga yang disalurkan transmisi ke roda belakang.

Apabila tak dirawat, komponen ini akan cepat kering dan kendur, sehingga suara berisik akan timbul ketika motor dikendarai. Selain itu, rantai motor yang kendur juga mengurangi tarikan (akselerasi) motor.

Karena itu, pemilik kendaraan harus rajin merawat rantai motor. Seperti dilansir Federaloil, Senin (4/3/2019) ada beberapa tahapan penting yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan saat membersihkan rantai motor.

Pertama, pemilik kendaraan harus mengetahui jenis rantai yang terpasang. Rantai motor dibagi menjadi 2 jenis, yakni rantai biasa dan rantai jenis O-Ring.

Untuk rantai biasa, proses pembersihannya lebih mudah karena rantai jenis ini terdiri dari logam-logam yang saling terhubung. Sementara untuk O-Ring, pembersihannya harus lebih hati-hati karena jenis ini menggunakan material karet untuk menghubungkan antar mata rantai.

Langkah kedua yang harus dilakukan ialah memposisikan motor secara tegak menggunakan standar tengah. Jika motornya tidak dibekali standar tengah, bisa menggunakan paddock.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Setelah itu, cek rantai motor dan sprocket gear. Beberapa detail yang perlu diperiksa adalah tingkat keausan mata rantai. Coba goyangkan rantai ke kanan-kiri, dan menariknya ke belakang, jika sangat kendur, artinya rantai mulai aus.

Selain rantai, yang perlu diperiksa adalah sprocket gear. Apabila mata gear pada komponen ini mulai menajam, pemilik kendaraan harus segera menggantinya. Jika ingin mengganti, disarankan rantai dan gear diganti secara bersamaan.

Langkah keempat, proses pembersihan rantai. Caranya, semprotkan rantai dengan cairan penetran, atau menggunakan minyak tanah. Lalu diamkan beberapa saat.

Setelah itu, bersihkan rantai motor dengan sikat khusus atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Sikat rantai dengan perlahan dan pastikan kotoran sisa oli dan debu disingkirkan.

Jika sudah, tahap keenam adalah menyemprot kembali rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah. Proses ini akan membuat kotoran di sekitar rantai dan gear rontok. Jangan lupa keringkan rantai dengan lap kering.

Langkah terakhir, lumasi rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan chain lube di mata gear dan rantai secara merata. Ingat, jangan sekali-kali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, karena oli bekas mengandung kotoran yang dihasilkan dari proses pelumasan di mesin. Selain itu, oli bekas juga bikin debu dan kotoran menempel di rantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini