Sukses

Mending Pakai Standar Tengah atau Samping Saat Parkir Motor?

Sepeda motor umumnya memiliki dua jenis penyangga, yakni standar samping dan tengah. Kedua jenis standar tersebut ternyata memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor umumnya memiliki dua jenis penyangga, yakni standar samping dan tengah. Kedua jenis standar tersebut ternyata memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Seperti dilansir Federaloil, Kamis (28/2/2019) kedua jenis standar pada motor dihadirkan untuk saling melengkapi. Meski demikian pemilik kendaraan sebaiknya menggunakan standar tengah setiap kali memarkirkan motornya.

Sejumlah kelebihan dapat diperoleh saat menggunakan standar tengah. Yang pertama yakni motor dinilai lebih stabil ketika diparkir dan tidak terlalu banyak memakan ruang.

Selain itu, jika permukaan lantai menanjak atau menurun, standar tengah akan membuat motor lebih kokoh dan tidak bergeser.

Jika pengendara sering duduk berlama-lama di motor menggunakan standar tengah merupakan hal yang tepat. Selain lebih kuat, pemakaian standar tengah dapat memperpanjang usia ban dan shockbreaker.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Apabila pemilik kendaraan menggunakan standar samping beban motor akan ditahan oleh bagian kiri kedua komponen tersebut.

Parkir dengan standar tengah juga membuat oli mesin menjadi merata. Sedangkan memarkirkan kendaraan dengan standar samping membuat oli berkumpul di bagian kiri mesin.

Saat motor diparkir terlalu lama, hal tersebut dapat menyebabkan mesin sebelah kanan kurang terlumasi dengan baik.

Meski demikian, pengendara juga bisa menggunakan standar samping dan tengah secara bersamaan, yakni saat mencuci motor. Caranya, gunakan standar tengah terlebih dahulu. Setelah itu miringkan motor ke kiri hingga standar samping menyentuh permukaan.

Posisi ini sangat menguntungkan ketika kamu hendak mencuci bagian bawah motor dan sisa air cucian yang terjebak di dalam bodi akan mudah keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.