Harap Sabar, Inden Toyota Avanza 2019 Mencapai 2 Bulan

Oleh Arief Aszhari pada 27 Feb 2019, 13:03 WIB
Diperbarui 27 Feb 2019, 13:03 WIB
Lebih Stylish, Begini Tampilan Toyota New Avanza-Veloz

Liputan6.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah resmi menghadirkan low multi purpose vehicle (LMPV) barunya, Toyota Avanza. Model ini diklaim mendapat respons yang bagus dari masyarakat, dengan berbagai penyegaran yang sudah disematkan raksasa asal Jepang tersebut.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, Toyota Avanza baru ini sudah mendapatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 15 ribu unit.

"Itu (SPK) mulai dari pertengahan januari. Masih varian 1.3 L yang paling banyak, hanya tipe Veloz yang awal-awal tinggi," jelas Anton di sela-sela test drive new Toyota Avanza di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Namun, dari jumlah SPK tersebut, Toyota baru mengirimkan unitnya secara wholesale (pabrik ke diler) sebanyak 5.568 unit. "Indennya masih 1,5 sampai 2 bulan," tegasnya.

Sementara itu, berbicara soal tipe yang paling laris, memang masih didominasi tipe G sekitar 50 persen kontribusi. Meskipun begitu, Veloz di awal kehadiran memang menjadi yang lebih tinggi, dan kemudian mulai merata setiap tipenya.

"Tipe Veloz itu kontribusinya 30 sampai 35 persen. Sedangkan target penjualan sekitar 7.500 unit, tapi Januari kemarin kita hanya kirim 5.500-an unit, karena baru launching jadi pabrik produksinya belum maksimal," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Avanza 2019 Pakai Mesin Lama, Ini Alasan Toyota

PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Avanza dan Veloz terbaru dengan perubahan dari sisi interior dan eksterior.

Tak ada perubahan dari sisi dapur pacu, TAM mengaku mesin lama Avanza masih sangat layak digunakan saat ini.

 

 
 

 

"Prinsipnya saat membuat Avanza baru ini kita melihat kebutuhan masyarakat kita. Jadi kita lihat secara enginefull performance dan efisiensi saya rasa sangat diterima masyarakat Indonesia," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto di Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Saat disinggung kapan dan faktor apa saja yang membuat Avanza dan Veloz akan mendapatkan mesin baru, Henry menegaskan masukan dari konsumen adalah hal utama terkait model dan fitur baru yang akan disematkan, termasuk dari sisi dapur pacu.

"Selama ini masukan masyarakat seperti itu. Kalau ditanya sampai kapan kita juga melakukan riset dan mendengarkan feedback dari konsumen, pokoknya kita ini selalu mendengarkan masukan dari semua pihak," ujarnya.

 

Sebagai informasi, seluruh varian Avanza dan Veloz terbaru telah menggunakan console boxyang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2), dan USB port (row 3).

Terkait harga, Avanza terbaru dibanderol mulai dari Rp188.6 juta hingga Rp221.25 juta, sedangkan Veloz mulai dari Rp215.65 juta sampai Rp239.45 juta on the road Jakarta.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓