Sukses

Perhatikan Empat Hal Ini Saat Membeli Ban Mobil

Ban sering kali diibaratkan sebagai alas kaki pada kendaraan bermotor. Walaupun tampak sederhana, komponen ini memiliki banyak pengaruh pada performa dan kenyamanan saat mengemudi.

Liputan6.com, Jakarta - Ban sering kali diibaratkan sebagai alas kaki pada kendaraan bermotor. Walaupun tampak sederhana, komponen ini memiliki banyak pengaruh pada performa dan kenyamanan saat mengemudi.

Karena itu, pemilihan ban yang tepat harus dilakukan pemilik kendaraan. Bukan hanya mempercantik penampilan, saat membeli ban, empat faktor ini juga harus diperhatikan seperti dilansir Suzuki, Rabu (27/2/2019).

1. Perhatikan Ukuran Ban

Setiap ban memiliki ukuran agar sesuai dengan model kendaraan dan fungsinya. Untuk itu, pemilik sebaiknya memperhatikan tipe dan ukuran ban. Pemilik bisa mengecek ukuran ban yang tepat untuk mobil pada plakat yang terdapat di pintu, laci dasbor atau di belakang tutup tangki untuk mengisi bahan bakar.

2. Perhatikan Lebar dan Pola Tapak Ban

Ketika sudah memperhatikan ukuran ban, pemilik jangan lupa juga untuk melihat lebar dari ban yang hendak dibeli. Biasanya, traksi ban semakin tinggi jika ukuran ban semakin lebar.

Tidak hanya lebar, pemilik juga perlu memperhatikan pola tapak ban pada mobil ketika hendak membelinya. Sesuaikan pola tapak ban dengan daerah tempat tinggalmu. Jika tinggal di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi, disarankan pemilik memilih pola tapak ban berbentuk V, karena kembangan tersebut sangat baik untuk menghalau air ketika melaju di jalan basah atau tergenang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Perhatikan Ketebalan Ban

Mengecek ketebalan ban sangat penting dilakukan agar perjalanan di jalan yang rusak bisa tetap nyaman. Perusahaan ban umumnya menetapkan standar khusus untuk ketebalan tiap ban yang diproduksi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

4. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Apabila kendaraan merupakan alat transportasi sehari-hari pilihlah yang nyaman. Namun, jika kebutuhannya untuk melintasi daerah yang basah sehari-hari, berarti kebutuhan pola kembangan tapak ban punya peran paling penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.