KIA Siap Hadirkan Mobil Listrik Terbaru

Oleh Liputan6.com pada 25 Feb 2019, 09:07 WIB
Diperbarui 25 Feb 2019, 09:07 WIB
KIA Siap Hadirkan Mobil Listrik Terbaru
Perbesar
KIA siap hadirkan mobil listrik terbaru (cnet)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perusahaan otomotif dunia, Kia ingin menunjukkan seperti apa jajaran kendaraan masa depan miliknya. Mengusung konsep baru, kendaraan ramah lingkungan itu akan melakukan debut di Geneva Motor Show 2019.

Dari teaser yang dirilis, EV (electric vehicle) pabrikan asal Korea itu, memiliki wujud yang berbeda dari model-model yang pernah sebelumnya. Walau dalam foto hanya menunjukkan siluet dan lampu yang menyala, tapi aura garang jelas terasa.

Wajahnya terkesan galak sekaligus futuristik karena desain hidung macan khas Kia, tampak menonjol melalui penggunaan lampu LED. Perangkat penerangan ini ditata membentuk gagang telepon rumah dengan garis kecil di tiap ujungnya.

Garis bodinya dibuat gagah dan kekar. Tampak dari bonetnya yang punya guratan dalam di kedua sisi. Rupa ini mengesankan mobil berbahan bakar ramah lingkungan milik Kia itu, punya tenaga yang besar.

Kemudian fender depan dan belakangnya terlihat menjorok keluar dan gemuk, layaknya sportcar dengan ban besar. Keseluruhan wujudnya dilengkapi adanya logo Kia berdesain baru, menempel di ujung kap mesin.

Pada area samping terdapat komponen kecil, sepertinya menempel di pilar A. Besar kemungkinan ini kamera pengganti spion konvensional.

Mobil ini didesain oleh tim Kia Eropa yang bermarkas di Frankfurt, Jerman. Menurut Gregory Guillaume, Wakil Presiden Desain Kia Motors Europe dalam keterangan resmi, pihaknya ingin menghadirkan tunggangan yang memberikan pengalaman berkendara lebih seru.

“Kami membayangkan mendesain mobil listrik yang tak hanya menjawab pertanyaan konsumen terkait jarak tempuh, performa, jaringan pengisian daya dan dinamisme pengendaraan, tapi juga sesuatu yang dapat membuat siapa pun yang melihatnya merinding, bahkan saat mengendarainya,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sayangnya, Kia masih menutup rapat spesifikasi lengkap terkait performa dan teknologi apa saja yang dibenamkan nanti. EV itu bakal muncul perdana di panggung Geneva Motor Show pada 5 Maret.

Kia belum lama ini menawarkan Kia Niro EV 2019, yang memiliki kemampuan jelajah mencapai 384 km di Amerika Serikat. Selain itu, tak berapa lama lagi Soul EV terbaru juga diperkenalkan. Mobil listrik ini punya jangkauan lebih jauh lagi, 391 km (dari baterai penuh sampai habis).

Keduanya menggunakan baterai lithium ion 64 kWH dipadukan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 203 PS dan momen puntir 394 Nm.

Akankah baterai EV terbaru Kia bisa menempuh jarak yang lebih jauh lagi dan menghasilkan tenaga lebih besar? Kita tunggu saja.

Sumber : Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓