Sukses

Harga Mini Cooper Bekas, Mobil Ikonik Kelas Dunia yang Menawan

Harga Mini Cooper bekas sendiri layaknya kendaraan bermotor yang lain bervariasi tergantung tipe, varian warna, tahun, serta lokasi.

Liputan6.com, Jakarta Mini Cooper merupakan salah satu mobil trendi kelas dunia yang menjadi idaman banyak orang. Mobil mungil ini telah menjelma sebagai mobil premium kelas atas. Desainnya yang mungil dan unik mampu membedakannya dari mobil-mobil mewah lainnya.

Dilansir Liputan6.com dari Otosia, Jumat (22/2/2019), ada beberapa model Mini Cooper yang dijual di Indonesia. Setidaknya ada 5 model Mini Cooper yang bisa dipilih oleh konsumen di Indonesia, yaitu tipe 3 pintu, 5 pintu, Countryman, Cabrio, Clubman, dan John Cooper Works. Semuanya ini terbalut dalam desain dan fitur premium khasnya yang tentu saja sesuai dengan harga Mini Cooper yang premium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Mini Cooper

Dilansir Liputan6.com dari Otosia, Jumat(22/2/2019), Sir Alec Issigonis merupakan sosok di balik rancangan Mini Cooper yang asli. Lahir pada 18 November 1906 di lingkungan keluarga Yunani, Issigonis bermigrasi ke Inggris pada 1922.

Setelah mendapatkan gelar insinyur, Issigonis bergabung dengan Morris Motors di tahun 1936 sebagai perancang sistem suspensi. Pada tahun 1942, pihak Morris memberikan tanggung jawab kepada Issigonis untuk membangun sebuah rancangan mobil yang baru. Mobil tersebut lahir pada 1948 dengan nama Morris Minor.

Dengan filosofi memaksimalkan ruang penumpang serta meminimalkan hal lainnya, Morris Minor sukses di pasaran hingga diproduksi selama 11 tahun. Issigonis sempat keluar dari Morris dan kemudian bergabung lagi setelah perusahaannya berubah menjadi British Motor Company (BMC).

Kelahiran Mini Cooper berawal pada tahun 1957, saat Sir Alec Issigonis diminta untuk menggambar mobil yang sangat kohesif dan irit bahan bakar. Saat itu Sir Alec sedang makan siang dan hanya tersedia pensil dan tisu. Awalnya proyek mobil kecil tersebut dinamai ADO15, singkatan dari Austin Design Office proyek ke-15 sebelum diganti menjadi Mini.

Setelah prototype pertama jadi dua bulan kemudian, pembalap bernama John Cooper membantu dalam pengembangan karya Issigonis tersebut.

Dari gambar itulah jadi sketsa mobil Mini Cooper klasik yang dilahirkan pada 1959. Dari total seluruh ruangan pada mobil itu, 80 persennya untuk penumpang dan 20 persennya adalah untuk mesin.

Pada awal perkembangannya, mobil Mini menggunakan penggerak roda depan yang posisinya melintang, sehingga penggagas mesin penggerak roda depan adalah Mini. Sejak itulah Mini cukup populer. Morris Mini juga hebat saat dikemudikan John Cooper meraih kemenangan dalam Reli Monte Carlo.

Mini Cooper meraih kesuksesan di pasaran. Issigonis sempat menjadi saksi pada saat hasil karyanya terjual sebanyak lima juta unit sebelum akhirnya ia meninggal pada 1988.

3 dari 4 halaman

Diambil Alih BMW

Perusahaan yang menaungi produksi mobil ini kerap berganti tangan. Hingga akhirnya produksi Mini Cooper diambil alih oleh BMW pada tahun 1994 sampai sekarang.

Di bawah naungan BMW, tidak heran jika semua mobil Mini Cooper bahkan yang termurah pun memiliki tenaga ekstra untuk mobil seukurannya. Untuk tipe termurahnya, Mini Cooper saja sudah memiliki top speed 210 km/jam yang mampu dicapai berkat mesin 1.5L 3-silinder twin turbonya, satu hal yang bisa dibilang menjustifikasi harga Mini Cooper yang premium.

Bahkan, mobil ikonik asal Inggris ini akan segera mengeluarkan versi Mini Cooper Sporty. MINI John Cooper Works GP dipastikan akan meluncur para tahun 2020 mendatang. Sebelumnya, versi konsep mobil ini telah diperkenalkan pada September 2017 lalu.

Sama seperti pendahulunya yang dirilis pada 2006 dan 2012, jumlah MINI JCW GP 2020 ini tak akan banyak. Mengutip dari Paultan.org, versi sporty dari MINI Cooper F56 itu maksimal diproduksi sebanyak 3.000 unit.

4 dari 4 halaman

Harga Mini Cooper Bekas

Meski berukuran kecil, harga Mini Cooper tergolong premium. Harga Mini Cooper setara dengan mobil sedan mewah lainnya. Harga Mini Cooper termurah berada di harga Rp 560 juta, tentu segala yang dikemas di mobil ini dipastikan bukan main-main.

Harga Mini Cooper baru yang cukup tinggi bisa jadi alasan sebagian orang memilih untuk mencari mobil ini dalam versi bekas.

Harga Mini Cooper bekas sendiri layaknya kendaraan bermotor yang lain bervariasi tergantung tipe, varian warna, tahun, serta lokasi. Dari hasil rangkuman Otosia, harga Mini Cooper bekas jatuh pada kisaran harga Rp 310-950 juta tergantung dari tipe, varian warna, tahun, serta lokasi.

Harga termurah jatuh pada Mini Cooper dari tahun-tahun di bawah 2010 dan pada harga tertinggi jatuh pada jajaran Mini Cooper dengan tipe yang paling tinggi dan baru berumur maksimal 1 tahun.

Pada tahun 2019 ini, sudah banyak ditawarkan Mini Cooper bekas berumur satu tahun. Jika Anda berniat membeli Mini Cooper yang masih berumur satu tahun, maka Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang sudah tentu di bawah harga barunya.

Dengan banyak pilihan yang tersedia di pasaran, Anda bisa menemukan harga Mini Cooper bekas keluaran 2018 yang sesuai dengan anggaran Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini