Sukses

Pertama Kali Ikut Touring Motor, Perhatikan Hal-Hal Ini

Selalu ada masanya seseorang baru pertama kali melakukannya. Salah satunya adalah touring atau melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Selalu ada masanya seseorang baru pertama kali melakukannya. Salah satunya adalah touring atau melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. 

Nah, untuk yang satu ini Viar memberikan beberapa kiat sederhana. Tapi pada prinsipnya sama saja dengan mereka yang pernah atau sering melakukan touring.

Hal pertama adalah berdoa

Bagi pemula, atau pertama kali melakukan perjalanan mudik alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman yang punya pengalaman mengenai suasana dan keadaan yang akan dilalui nanti.

Tanyakan kapan harus istirahat dan dimana istirahat yang baik.

Jangan segan-segan untuk bertanya dan mencari informasi situasi perjalanan dimana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai. 

Persiapan sepeda motor, termasuk surat-surat kendaraan.

Pastikan surat-surat kendaraan (STNK) dan SIM masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.

Pastikan apakah motor sudah siap jalan jauh, dengan mengecek kondisi mesin, oli, memeriksa kelayakan rem depan dan belakang. Periksa juga kelayakan lampu-lampu, lampu petunjuk dan isyarat.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

Siapkan jas hujan.

Usahakan jas hujan celana dan baju. Jangan pakai jas hujan model ponco karena dikhawatirkan pada kondisi macet jas hujan tipe ini berisiko tersangkut kendaraan di sampingnya.

Siapkan fisik

Pada saat perjalanan pastikan badan dalam keadaan sehat atau fit. Jangan paksa diri Anda untuk terus berkendara karena ingin cepat sampai di tujuan. Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman.

Pergunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit. Tapi ingat, jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpejam.

Istirahatlah beberapa kali dalam satu perjalanan bila perlu, sehingga badan tidak terlalu lelah dan pikiran tidak terlalu jenuh.

Taati peraturan lalu lintas 

Tetap menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari. Selanjutnya hindari membawa barang berlebihan, ataupun menaruh secara berlebihan di bagian depan dekat setang , karena akan memengaruhi manuver dan keseimbangan motor.

Jaga emosi

Yang tak kalah penting, jangan mudah terbawa emosi terhadap pengendara lain sehingga terlihat seperti orang balapan dengan pemotor lain di jalan.

Buat perjalanan jauh pertama Anda sebagai perjalanan 'seolah-olah' rekreasi yang menyenangkan sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks, imbuh pihak Viar.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.