Mesin Unik Suzuki Dipatenkan

Oleh Liputan6.com pada 22 Feb 2019, 20:42 WIB
Diperbarui 22 Feb 2019, 21:16 WIB
Suzuki

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki dikabarkan mematenkan mesin baru yang tengah dikembangkan. Spesifikasi lengkapnya masih dirahasiakan, namun dari gambar tersebut nampak konfigurasi mesin tersebut keliatan unik.

Mengutip dari Morebike.co.uk, dapur pacu tersebut dibuat terbalik dengan blok mesin yang nyaris horizontal berada di atas dan gearbox di bawahnya. Lubang header knalpot pun menghadap ke bawah.

Konfigurasi ini bisa dibilang benar-benar baru di dunia sepeda motor. Kemungkinan, manfaatnya adalah membuat jarak antar sumbu rodanya menjadi lebih pendek untuk menyempurnakan handling dan memanjangkan swingarm guna meningkatkan kestabilannya.

Meski demikian, ada beberapa aspek yang harus dikorbankan, yaitu ruang penyimpanan. Dengan blok silinder di atas, tangki bahan bakar dibuat lebih ke belakang dan sistem elektronik dipindah ke depan.

Pasalnya, ruang yang biasanya digunakan untuk tangki bahan bakar kini dialihkan sebagai lokasi airbox. Selain itu, penempatan radiatornya juga masih belum jelas.

Sampai saat ini, pihak Suzuki juga belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait desain ini. Yang jelas, pabrikan asal Jepang tersebut ingin berinovasi untuk menyempurnakan berbagai produknya.

Sumber: Otosia.com

Live Streaming

Powered by