Beda Rp 13 Jutaan, Pilih Nissan Livina Paling Mewah atau Honda Mobilio RS CVT?

Oleh Arief Aszhari pada 22 Feb 2019, 14:02 WIB
Diperbarui 22 Feb 2019, 14:50 WIB
Nissan Livina

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, dua model baru di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) meluncur. Ya, satu model anyar, yaitu all new Nissan Livina yang merupakan produk kolaborasi dengan Mitsubishi Xpander.

Berselang satu hari, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga meluncurkan versi penyegaran dari mobil keluarga bawahnya, new Honda Mobilio.

Dua model ini, bakal semakin bikin persaingan di segmen LMPV semakin ketat, setelah kehadiran Mitsubishi Xpander, penyegaran Suzuki Ertiga, dan model facelift duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Untuk all new Nissan Livina, hadir dengan lima varian, yaitu E MT Rp198,8 juta, EL MT Rp223 juta, EL AT Rp233 juta, VE AT Rp249,9 juta, dan paling tinggi VL AT Rp261,9 juta.

Sedangkan new Honda Mobilio juga hadir dengan lima varian, yaitu S Rp 194 juta, E Rp 214.5 juta, E CVT Rp 225.5 juta, RS Rp 237.5 juta, RS CVT Rp 248 juta.

Jika berbicara varian paling tinggi atau mewah dari dua model tersebut, perbedaan harganya cukup jauh, sebesar Rp 13,9 jutaan. Namun, dengan perbedaan harga tersebut, model mana yang paling layak dibeli?

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Nissan
Gambar New Livina sudah bisa dipesan beredar luas di media sosial dan juga grup aplikasi percakapan elektronik. (ist)

Untuk all new Nissan Livina VL memiliki dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Model ini sudah diberikan aksen krom di spion, gagang pintu dan tepian bawah sepanjang jendela.

Model ini mengadopsi grill V-Motion dan lampu depan dual LED yang berbentuk bumerang, dan day time running light (DRL), dan foglamp.

Sedangkan untuk interiornya, menampilkan kursi berbalut kulit, dengan head unit (HU) dengan layar sentuh 7 inci, yang dilengkapi apple car play dan android auto, MID dengan eco indicator.

Untuk fiturnya, model ini sudah dilengkapi hill start assist, traction control, vehicle dynamic control, serta fitur kselamatan seperti dual SRS airbag, safety belt 3P ELR 7 pcs, auto hazard light on emergency braking, parking sensor dan kamera belakang, dan sistem pengereman ABS dan EBD untuk tipe E MT, EL MT, dan EL AT, serta tambahan BA untuk tipe VE AT dan VL AT.

Untuk jantung penggeraknya, all new Nissan Livina berkapasitas 1.499cc, yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

New Honda Mobilio
New Honda Mobilio (Dian/Liputan6.com)

Sedangkan untuk Honda Mobilio RS CVT, mendapatkan fitur yang memang paling lengkap, dengan bagian eksterior yang kini dllengkapi New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light.

Selain itu, terdapat juga pelek alloy two tone 15 dengan desain baru, New Shark Fin Antenna, New Smoked Rear Combi Lamp.

Kesan stylish semakin terasa berkat adanya spoiler di bagian depan, samping dan belakang serta adanya layar sentuh 6,2 inci Resistive Touchscreen Display Audio yang mendukung Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD dan DVD, dan New Meter Cluster Design with RS Logo.

Dari sisi keselamatan, mobil terbaru ini dilengkapi Dual Front SRS Airbags dan Sistem pengereman ABS serta EBD. Sedangkan untuk varian Honda Mobilio RS mendapat tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Untuk dapur pacu, Honda Mobilio terbaru didukung mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 116 Tk pada 6.600 rpm dan telah dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Lanjutkan Membaca ↓