Sukses

Ferrari Ubah Racikan Kelir Mobil Balap F1 2019 untuk Tingkatkan Performa

Liputan6.com, Jakarta - Ferrari telah resmi meluncurkan mobil balap teranyarnya untuk Formula 1 (F1) 2019, SF90. Perkenalan jet darat dari pabrikan asal Italia ini dilakukan di Maranello, Jumat (16/2/2019).

Masih menggunakan warna merah, Ferrari SF90 ini tidak terlihat mengkilap seperti mobil balap sebelumnya. Pasalnya, Ferrari memberikan sentuhan akhir matte untuk meningkatkan performa. Langkah tersebut dilakukan membantu mengurangi bobot mobil, karena matte memiliki berat yang lebih ringan.

"Alasannya bukan estetika, tapi murni teknis. Dengan menghilangkan elemen kilap, itu membantu kami berhemat beberapa ratus gram," jelas Team Principal Ferrari, Mattia Binotto, seperti dilansir Motorsport.com, Sabtu (16/2/2019).

Lanjutnya, memang kedengaran tidak banyak untuk pengurangan bobot, namun ketika timnya bekerja di ambang batas maksimal, maka hal tersebut cukup berdampak pada performa jet darat.

"Jelas kami berusaha meningkatkan semua detail. Dan saya pikir, tidak ada satupun komponen mobil yang sama seperti 2018," tambahnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Ferrari sendiri bukan tim pertama yang mengubah racikan cat demi memangkas waktu. Tiga tahun lalu, Red Bull juga memberikan sentuhan akhir matte dengan alasan yang sama. Skuad pabrikan kuda jingkrak ini, juga memiliki cara unik dalam mengecat mobilnya, agar permukaan stiker sponsor bisa semulus mungkin, dan tidak menimbulkan hambatan udara pada mobil.

"Ini berarti kami sudah melebihi ambang batas sebelumnya, dan hal itu yang ingin kami capai. Saya pikir, kami sudah sangat mendekati ambang batas alami mobil ini," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.