Sukses

Bisnis Tahu Bulat Melempem, Penjualan Daihatsu Hi-Max Ikut Lesu

Setelah sempat dikorbankan untuk memenuhi kebutuhan Daihatsu Terios, mobil mungil di segmen pick up, Hi-Max diakui hanya terjual belasan hingga puluhan unit setiap bulannya.

Liputan6.com, Sibolga - Setelah sempat dikorbankan untuk memenuhi kebutuhan Daihatsu Terios, mobil mungil di segmen pick up, Hi-Max diakui hanya terjual belasan hingga puluhan unit setiap bulannya.

Meski demikian, Amelia Tjandra selaku Direktur Penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan, pihaknya masih akan memenuhi kebutuhan Hi-Max di Indonesia meski demand-nya kecil.

"Masih ada tapi seperti yang saya bilang demand-nya enggak banyak, pemain disana juga hanya Tata dan Hi-Max. Slogan kita kan jagoan jalan sempit, tujuannya untuk mereka yg membutuhkan mobil ini di jalan kecil," kata Amel di Sibolga, Sumatera Utara.

Salah satu alasan kurang diminatinya Hi-Max diakui Amel karena adanya Daihatsu Gran Max. Harga yang tak terpaut jauh dan memiliki perbedaan dari sisi dapur pacu serta kapasitas barang yang bisa diangkut menjadi alasan utama konsumen beralih kepada Gran Max.

"Tapi sekarang dengan cicilan dan down payment yang sama dengan Gran Max, yang laku itu. Jadi memang Gran Max lebih besar dan harga enggak jauh," ujar Amel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski demikian, Hi-Max diklaim masih memiliki pasar karena mampu terjual belasan hingga puluhan unit setiap bulannya. Terkait produksinya, Amel menjelaskan mobil mungil itu tidak diproduksi setiap bulan, melainkan menggunakan sistem simpan.

"Tahu bulatnya enggak laku soalnya, jadi bisnis yang membutuhkan itu enggak jalan. Masih akan dijual untuk 2019. Tetapi kita produksi one time, sekali produksi 100 unit lalu kita jual pelan pelan," tuturnya.

Secara dimensi Daihatsu Hi-Max punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.770 mm dengan jarak sumbu roda 1.900 mm. Sementara pada bak, punya panjang 1.935 mm, lebar 1.395 mm, dan tinggi 285 mm.

Menyoal jantung mekanis, 1KR-DE berkubikasi 998 cc, tiga silinder, 12 katup yang menjanjikan tenaga 56 Tk pada 5.000 rpm dan torsi 85 Nm pada 4.000 rpm.

Selain itu, Hi-Max menjanjikan efisiensi bahan bakar berkat penerapan mesin seri 1KR-DE DOHC, atau sama dengan Ayla 1,0 liter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini