Sukses

Terlihat Mirip, Vespa dan Lambretta adalah Motor yang Berbeda

Dari pabrikannya pun sudah berbeda. Vespa dan Lambretta berasal dari pabrikan yang tak sama, walaupun berasal dari negara yang sama, Italia.

Liputan6.com, Jakarta - Lambretta dikabarkan akan masuk ke Indonesia. Hal tersebut terlihat dari unggahan @lambrettaid di Instagram yang menggoda para penggemarnya di Indonesia.

Sama-sama mengusung gaya retro, sekilas skuter matik Vespa dan Lambretta memang sama. Tapi keduanya jelas jauh berbeda. Dari pabrikannya pun sudah berbeda. Vespa dan Lambretta berasal dari pabrikan yang tak sama, walaupun berasal dari negara yang sama, Italia.

Lalu soal fisiknya, coba perhatikan lebih baik lagi, detail keduanya sangat berbeda. Misal bentuk lampu utamanya, Lambretta punya bentuk heksagonal (segi delapan), sedangkan Vespa memiliki bentuk bulat atau mengotak.

Selain itu konsep bodi keduanya juga berbeda. Lambretta menggunakan konsep bodi spar frame, yang mana bodi dan rangka skuter bisa terpisah.

Sebaliknya, Vespa menggunakan monocoque, yang mana mesin dan suspensi melekat pada bodi yang jadi penopang utama.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lambretta Bersiap Masuk Indonesia, Ini Buktinya

Nama merek motor Lambretta pasti sudah tak asing lagi bagi penggemar motor klasik. Pabrikan otomotif asal Italia tersebut kabarnya siap memasuki pasar Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan hadirnya akun Instagram @lambrettaid. Terlihat setiap unggahan foto dalam akun tersebut terdapat hashtag #lambrettaindonesia.

 

 
 

 

Bahkan salah satu foto mendapat keterangan coming soon to Indonesia. Hal itu tentu saja menandakan skuter ikonik tersebut siap bersaing dengan Vespa di pasar otomotif Tanah Air.

Sebelumnya, pasar Thailand telah lebih dulu disasar Lambretta dengan membawa dua model anyar. Yang pertama Lambretta V200 2019 yang dibanderol 99.500 baht atau Rp 43,5 juta. Sementara model kedua Lambretta V125 2019 ditawarkan 86.900 baht, setara Rp 38 juta.

Keduanya diluncurkan di Italia pada pertengahan Juni 2018. Thailand International Motor Expo 2018, pun dijadikan panggung untuk mengenalkan unit, hingga 10 Desember 2018. Sekadar info, Lambretta diboyong ke Thailand oleh Dynamic Motors. Mereka ingin meramaikan pasar yang juga dimainkan oleh rival senegara, Piaggio Vespa.

 

Meski belum ada keterangan resmi Lambretta model apa yang akan hadir di Indonesia, kemungkinan besar motor yang sama dengan di Thailand yang akan dipilih.

Sekilas desain dan bentukan Lambretta dengan Vespa tampak mirip. Namun untuk detail sangat berbeda. Misal lampu utama Lambretta berbentuk hexagonal (segi delapan) sedangkan Vespa berbentuk bulat dan mengotak. Lampu utama Lambretta V125 pakai teknologi LED. Kemudian pengisi daya USB dan starter elektrik dipasang sebagai standar.

Di bawah jok V125 tertanam jantung pacu satu silinder berpendingin udara dengan kubikasi 124,7 cc. Mesin 4-tak ini menghasilkan daya 10 Tk dan besaran torsi 9,2 Nm. Seperti Vespa, tenaga disalurkan ke roda belakang melalui gearbox CVT dan drive belt.

Sementara model V200 dilengkapi mesin bensin 169 cc. Dalam hal output, V200 menghasilkan 11,8 Tk dan dorongan torsi 12,2 Nm. Fitur yang dimiliki mirip dengan V125. Namun dengan tambahan sistem pengereman ABS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.