Perlu Diingat, Inilah Tanda-Tanda Kerusakan Busi pada Mobil Kesayangan

Oleh Arief Aszhari pada 03 Feb 2019, 20:25 WIB
Diperbarui 03 Feb 2019, 20:25 WIB
Busi Brisk
Perbesar
Busi A-Line khusus untuk mobil diluncurkan Brisk Indonesia di PRJ Kemayoran

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen yang penting bagi performa mobil kesayangan, adalah busi. Maka dari itu, perlu diperhatikan kondisinya, karena jika sudah rusak bakal berdampak pada ketidaknyamanan saat berkendara.

Melansir laman resmi Daihatsu Indonesia, busi mobil yang rusak bisa mengakibatkan mesin kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu.

Akibat lain yang ditimbulkan akibat busi mesin yang tidak dalam kondisi baik, bakal membuat mesin menjadi tidak seimbang, karena tenaga yang dikeluarkan tidak sama pada tiap silinder mesin.

 

Selain itu, akibat paling fatal dari kerusakan busi adalah akan membuat mobil mogok, dan pastinya merepotkan. Nah, berikut tanda-tanda untuk mendeteksi kerusakan pada busi mobil:

1) Tanda Kerusakan Saat Mesin Idle

Masalah pada busi tentunya bisa dideteksi pada saat mesin mobil dalam kondisi idle. Jika terjadi masalah pada busi mobil, putaran mesin akan terasa tidak halus. Hal ini dapat dirasakan dari dalam kabin mobil. Dalam keadaan idle, biasanya akan muncul getaran-getaran yang menandakan busi bermasalah.

Pada saat mencoba menarik tuas gas mobil, akan terasa berat. Hal ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa ada masalah dengan busi, jika tanda tersebut sudah terasa, dan bisa memeriksakannya ke bengkel.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

2) Tanda Kerusakan Busi Saat Mobil Jalan

Tanda-tanda kerusakan pada busi mobil selanjutnya bisa dilihat saat mobil dijalankan. Busi yang bermasalah, bakal menyebabkan akselerasi pada mobil menjadi tidak maksimal. Akselerasi menjadi terhambat karena mobil kekurangan tenaga.

Jika tanda-tanda seperti ini sudah dirasakan, jangan memaksakan mobil untuk melakukan akselerasi maksimal, karena jika dipaksakan, mobil bisa mengalami mogok.

3) Tanda Kerusakan Lewat Warna Busi

Cara lain untuk mendeteksi apakah busi mobil masih layak pakai atau sudah harus diganti melalui warna busi .

Apabila busi berwarna kecokelatan, ini menandakan masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti. Jika warna busi kemerahan atau kuning, ini menandakan mesin mobil Sahabat melakukan pemanasan berlebihan, dan bagian yang harus dicek adalah bagian pendingin.

Jika kondisi busi warna hitam gosong, itu menandakan ada yang salah dari setelan bahan bakar mobil, dan jika busi meleleh, kemungkinan kompresi mobil sahabat mengalami kebocoran, jadi segeralah bawa mobil ke bengkel kepercayaan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓