Bila Tanpa Regulasi, Begini Wujud Ekstrem Jet Darat McLaren Masa Depan

Oleh Arief Aszhari pada 03 Feb 2019, 17:08 WIB
Begini Wujud Ekstrim Jet Darat McLaren Untuk Masa Depan (Foto: Motorsport.com)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi desainer dan teknisi Formula 1 (F1), balapan tanpa dibatasi regulasi adalah sebuah mimpi. Bahkan, jika hal tersebut terjadi, ada beberapa visi yang bisa terwujud di masa depan.

Melansir Motorsport.com, Minggu (2/1/2019), McLaren Applied Technologies (MAT) memaparkan visi F1 pada 2050, dan tidak hanya sebatas mobil yang diberi nama MCLExtreme, tapi juga konsep gelaran Grand Prix di masa depan.

Ide yang dipaparkan MAT, tidaklah contoh pertama dan gambar konsep mobil F1 masa depan sudah diperlihatkan sebelumnya. Konsep ini mungkin tidak dirancang khusus untuk F1, namun bisa dibilang menjadi titik awal dari beragam mobil konsep F1.

Pada 2015, McLaren menghadirkan konsep MP4-X. Berbeda dari MCLExtreme, mobil balap ini masih ditenagai mesin pembakaran dalam, tapi dengan bahan bakar yang sangat irit demi meningkatkan efisiensi termal.

Untuk kanopi dan penutup roda bakal mengoptimalkan aerodinamika, sementara sistem hibrida mobil dikombinasikan dengan panel surya yang dipasang di atas sidepod

2 of 3

Selanjutnya

Begini Wujud Ekstrim Jet Darat McLaren Untuk Masa Depan (Foto: Motorsport.com)
Begini Wujud Ekstrim Jet Darat McLaren Untuk Masa Depan (Foto: Motorsport.com)

Sementara itu, untuk konsep yang paling baru, tahun lalu McLaren memamerkan MP4-X dengan corak warna yang sama seperti 'jet darat' F1 2018 miliknya. Konsep yang paling anyar ini, menjadi yang paling radikal sejauh ini.

Bagaimana tidak, MCLExtreme, mobil dengan penggerak roda belakang yang didukung energi listrik dari baterai yang bisa dilipat, aero yang dapat berubah bentuk, dan dilengkapi teknologi canggih kopilot AI dan ban anti-rusak, dan diklaim mampu dipacu hingga 500 km perjam.

 

3 of 3

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓