Sukses

New Toyota Avanza Tak Merusak Harga Jual Mobkasnya, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru diprediksi bakal memengaruhi harga pasaran mobil bekasnya. Namun, hal tersebut tidak terjadi di situs iklan baris di jual beli mobil online ini.

Data OLX menunjukkan bahwa harga jual Avanza bekas masih terbilang stabil. "Berdasarkan pantauan kami, harga jual Avanza bekas di OLX cenderung stabil," ujar Agung Iskandar, Director of Marketing & CTX OLX Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (30/1/2019).

"Kami belum melihat adanya perubahan harga yang signifikan di OLX, sejak new Avanza diluncurkan," tambahnya.

Masih berdasarkan data di penjualan mobil secara online ini, harga jual Avanza menjadi salah satu yang paling stabil untuk kategori mobil bekas. Hal ini, dipengaruhi oleh banyaknya minat dari calon pembeli terhadap mobil merek ini.

"Data OLX juga mencatat bahwa Toyota Avanza menjadi mobil yang paling banyak dijual dan menjadi mobil yang paling banyak dicari, di OLX, sepanjang tahun 2018," pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam mencari mobil bekas di situs jual-beli online memang perlu adanya perhatian khusus. tindak kejahatan berupa penipuan juga semakin marak mengintai calon konsumen yang hendak melakukan transaksi melalui situs jual beli online.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dengan begitu, ada beberapa tips transaksi aman agar calon pembeli yang menggunakan jasa situs online tak tertipu.

"Hal pertama perhatikan iklannya, lihat harganya, kalau memang terlalu murah itu sesuatu yang mencurigakan. Yang kedua coba minta informasi tambahan. Udah berbicara dan cocok coba minta penjual kirim lebih banyak gambar, kalau memang dia yang jual pasti enggak akan masalah dan lama," tambah Agung.

Selanjutnya, calon pembeli diminta melihat dan mengecek terlebih dahulu mobil dan motor yang akan dibeli. Hal itu dilakukan agar kendaraan yang dibeli memang sesuai dengan ekspektasi dan dalam keadaan sehat.

"Kalau penjual memancing untuk memberikan uang tanda jadi dengan sistem transfer terlebih dahulu, itu sebisa mungkin harus dihindari. Karena itu salah satu motif penipuan," ujar Agung.

Namun, apabila calon pembeli telah terlanjur menjadi korban penipuan, Agung menghimbau untuk melaporkannya terlebih dahulu ke pihak berwajib, lalu melapor kepada pihak OLX untuk dibantu memberikan data yang terdaftar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.