Sukses

Cara Unik Jaguar Land Rover Mencegah Kecelakaan Mobil Nirsopir

Mobil nirsopir merupakan teknologi masa depan yang masih dikembangkan sampai saat ini. Karena masih dalam tahap pengembangan, maka risikonya terbilang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil nirsopir merupakan teknologi masa depan yang masih dikembangkan sampai saat ini. Karena masih dalam tahap pengembangan, maka risikonya terbilang cukup besar.

Bahkan kasus kecelakaan mobil nirsopir tak hanya sekali saja terjadi. Beberapa kali kecelakaan terjadi, bahkan hingga menewaskan pengguna jalan.

Beberapa pabrikan mobil yang sudah ambil bagian dalam pengembangan mobil nirsopir, berusaha untuk meminimalisir efek kecelakaan itu. Salah satunya Jaguar Land Rover yang kini tengah mengembangkan teknologi light bar.

Dilansir Response.jp, light bar itu akan diproyeksikan ke jalan, sehingga memberitahu pejalan kaki tentang arah perjalanan mobil nirsopir. Sebab, mobil nirsopir ini disebut sedikit susah dibaca pergerakannya oleh para pejalan kaki atau pesepeda.

Sistemnya, light bar yang terpasang pada kendaraan nirsopir itu akan diatur pada interval yang sama saat diproyeksikan ke jalan. Ketika mobil melaju kencang, proyeksi light bar itu akan panjang. Sebaliknya jika mobil melaju pelan, interval light bar pun akan menjadi pendek.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Begitu juga saat menemui persimpangan. Sebelum di persimpangan dan sejenisnya, light bar itu akan berbentuk kipas ke kiri dan ke kanan, serta menunjukkan arah belok.

Land Rover menyebut bahwa teknologi ini nantinya juga akan dikembangkan menjadi Advance Driving Support System, seperti cruise control, blind spot assist, dan intelligent speed limiter untuk kendaraan komersial.

Sumber: Otosia.com 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.