Serius Gempur Avanza-Xenia, Mitsubishi Siapkan Xpander 1.3 Liter?

Oleh Arief Aszhari pada 26 Jan 2019, 06:03 WIB
Xpander

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan small MPV PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander terbilang positif. Bahkan, pesaing berat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini sudah menjadi pemimpin pasar untuk small MPV bermesin 1,5 liter dengan market share hampir 45 persen atau sebanyak 75.772 unit sepanjang tahun lalu.

Menurut Head of MMC Sales and Marketing Group PT MMKSI, Imam Choeru Cahya, untuk keseluruhan pasar small MPV, Mitsubishi Xpander meraih market share sebesar 29 persen. Namun, pihaknya juga membaca, jika dihitung segmen 1,5 liter, Mitsubishi Xpander sudah menjadi penguasa pasar.

"Nah, kalau dihitung Avanza dan Xenia, mereka punya mesin 1,3 liter dan 1,5 liter. Kue paling banyak dari Toyota ini, ada di 1,3 liter, dan kami tidak punya itu," jelas Imam di sela-sela gelaran Xpander Tons of Real Happiness di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang Selatan, Jumat (25/1).

Lebih lanjut, ketika ditanya terkait strategi pabrikan tiga berlian ini untuk benar-benar menguasai pasar small MPV, dan ketertarikan untuk juga memiliki Mitsubishi Xpander dengan mesin 1,3 liter, pria ramah ini masih enggan berkomentar lebih lanjut.

"Saya sih menginformasikan ke prinsipal, mengenai kondisi pasar yang ada. Dan dari MMC juga sering turun ke bawah, untuk mendengar langsung door to door dengan konsumen, permintaan seperti apa," tambah Imam.

Pihak Mitsubishi sendiri juga menyadari, jika small MPV dengan mesin 1,3 liter paling banyak diserap pasar borongan atau fleet.

 

2 of 2

Selanjutnya

Hal tersebut, tentu saja sudah didengar, namun belum diketahui, apakah rencana untuk menghadirkan Xpander dengan mesin 1,3 liter benar-benar terjadi di masa mendatang.

"Tapi enggak tahu, masih studi. Responnya juga masih belum, kami masih konsentrasi bagaimana menggarap konsumen di segmen 1,5 liter ini. Walau kami ke fleet, ini segmennya bukan yang pasar bawah, tapi pasar medium MPV yang bisa digarap Xpander," kata Imam.

Sementara itu, Mitsubishi sendiri memang memiliki mesin 1,2 liter yang tertanam di model citycar, Mirage. Namun kini model tersebut sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by