Sebelum Pilih Mobil Van Komersial, Lakukan 5 Survei Ini!

Oleh Cahyu pada 31 Jan 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 31 Jan 2019, 06:00 WIB
Sebelum Pilih Mobil Van Komersial, Lakukan 5 Survei Ini!
Perbesar
Lakukan 5 survei ini sebelum menentukan mobil van komersial mana yang akan dibeli.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan pasar yang seksi untuk kendaraan segmen van komersial. Pabrikan-pabrikan ternama dunia berlomba-lomba menghadirkan kendaraan yang dilengkapi fitur terbaru dan sesuai dengan kebutuhan konsumen tanah air baik itu pengusaha maupun pengguna kendaraan.

Kebanyakan mobil van komersial di Indonesia dimiliki oleh ritel atau perusahaan, pelaku bisnis rent car dan travel. Jarang kita ketahui mobil jenis ini dibeli untuk kebutuhan pribadi, mengingat kendaraan ini memang ditujukan sebagai moda transportasi umum dengan kapasitas penumpang yang banyak.

Nah, bagi Anda pelaku bisnis rent car maupun bagian penyediaan kendaraan untuk perusahaan tempat bernaung berikut ini beberapa kiat sebelum menentukan mobil van komersial mana yang akan dibeli.

1. Pencarian di Internet

Untuk tahu mobil terbaru, Anda bisa dengan mudah menemukan berita dan informasi di internet. Jika, Anda juga memiliki produsen atau merek terpercaya, Anda cukup kunjungi websitenya. Bahkan, bisa langsung dihubungi pihak sales mobil tersebut dan menentukan tanggal untuk pengecekan mobil.

2. Cari tahu Unique Selling Point

Cari tahu fitur terbaru yang dimiliki mobil van komersial terbaru. Untuk kenyamanan, Anda bisa menguji suspensinya, tingkat kebisingan dan getaran yang ditimbulkan mobil, Sementara untuk fitur keselamatannya, Anda bisa tanyakan ketersediaan Airbag yang melindung penumpang dan driver dari risiko tabrakan dari depan. Selain itu, Anda juga cari tahu apakah kendaraan sudah dilengkapi Anti – Lock Breaking System (ABS).

3. Sales dan After Sales

Selanjutnya, tentu saja cek jaringan sales dan aftersales, apakah tersedia di kota dan kabupaten – kabupaten di Indonesia?  Dengan jaringan yang luas, maka risiko terjadi gangguan di jalan bisa diatasi dengan cepat. Kemudahan mendapatkan spareparts dengan harga terjangkau dan dukung mekanik berpengalaman.

4. Biaya Operasional

Sebagai pelaku bisnis, wajib banget mempertimbangkan biaya operasioal. Pastikan van komersial yang dipilih hemat bahan bakar. Selain itu juga memiliki bodi dan mesin yang tangguh supaya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pemeliharaan dan servis. Kalau terlalu sering keluar biaya perawatan tentunya akan memangkas pendapatan.

5. Minta Saran Driver

Terakhir, yang tak boleh anda lupakan juga adalah masukan dari driver-driver yang mengemudikan armada Anda. Pendapat mereka sangat penting karena mereka yang sering turun ke lapangan, mengendarai mobil dan merasakan apa saja yang terjadi pada mobil selama di perjalanan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan atau menambah armada van komersial. Untuk mendukung bisnis Anda, pemilihan mobil tentu memegang peranan penting disamping peningkatan layanan dan promosi bisnis.

Untuk mendukungan 5 poin di atas, Anda dapat mengerucutkan pilihan pada Toyota Hiace Luxury. Produk ini merupakan pilihan favorit para pelaku bisnis transportasi. Jaringan sales dan after sales terluas di Indonesia melalui 325 outlet di seluruh Indonesia.  Memiliki jangkauan yang luas, bahkan di kota kecil sekalipun. Bahkan, tersedia layanan Toyota Mobile Service dengan armada operasional terlengkap, baik roda dua maupun roda empat.

Toyota memiliki Hiace dengan tiga tipe berbeda yakni, Standart, Commuter, dan Luxury. Tipe terakhir memiliki interior dan eksterior lebih premium. Interior New Hiace Luxury dirancang untuk kapasitas 11 bangku (seat) dengan pembagian 3-2-2-4. Bangku pada baris satu dan dua menggunakan desain Captain Seat dari bahan kulit dan dilengkapi dengan Ottoman dan Sliding empat arah. Sementara Hiace Standart dan Commuter memiliki kapasitas 18 penumpang. Selengkapnya kunjungi tautan berikut ini.

 

 

(Adv)