Sukses

Gonta-Ganti Konsumen, Pemilik Rent Car Harus Peka Aroma Tak Sedap Dalam Kabin

Dengan penumpang dan penyewa yang berbeda-beda maka masalah aroma tak sedap harus disikapi dengan peka dan perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Aroma tak sedap dalam kabin mobil memang tak bisa dihindari, baik mobil baru maupun lawas. Pada mobil baru, bau dikeluarkan oleh material bawaan pabrik, seperti dashboard, jok, karpet dan lainnnya. Sementara pada mobil lawas, bau yang tak sedap karena saat digunakan banyak barang-barang lembab atau basah berada di dalam mobil. Belum lagi, keluar masuk pengguna mobil dan penumpang yang entah bawa makanan dan kotoran dari luar.

Bagi pemilik mobil pribadi, masalah aroma tak sedap biasanya cukup diusir dengan parfum mobil dan membuang barang atau kotoran yang jadi penyebab bau. Kalau sehari-hari hanya  sang pemilik yang pakai dan bisa sedikit cuek namun tidak bagi pemilik rent car. Dengan penumpang dan penyewa yang berbeda-beda maka masalah aroma tak sedap harus disikapi dengan peka dan perhatian.

Langkah awal untuk mengusir aroma tak sedap adalah mengeluarkan semua kotoran dan barang-barang yang berpotensi mengeluarkan bau. Buang sampah-sampah yang tertinggal, baik kertas, makanan atau botol minuman.

Langkah kedua gunakan perlengkapan pembersih yang sesuai dengan interior mobil yaitu spon, air hangat, dan sabun batang untuk mandi. Selanjutnya bersihkan bagian yang paling terlihat yakni dashboard mobil.

Langkah ketiga, bersihkan bagian yang sulit dijangkau seperti terselip di jok mobil. Angkat alas dan karpet mobil, bersihkan dengan cara disapu atau di vakum menggunakan penyedot debu.

Bagian bawah mobil biasanya banyak sampah makanan yang terjatuh. Untuk menghilangkan aroma tak sedap di bagian alas bisa menggunakan baking soda yang ditabur ke seluruh bagian, termasuk karpet.

Langkah keempat adalah membersihkan bagian langit-langit mobil. Sebab kotoran bisa saja menempel di atap mobil. Salah satunya jika pengendara atau penumpang merokok, sehingga bau dari asap akan menempel di bagian atap. Gunakan kuas yang sebelumya telah dicelupkan pada cairan sabun pembersih. Selanjutnya ratakan dengan menggunakan handuk. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain perca.

Langkah kelima, bersihkan bagian seatbelt. Pertama-tama, tarik sabuk keselamatan hingga mentok. Bersihkan bagian sabuk ini dengan cara digosok menggunakan kuas lalu diratakan menggunakan spons dan keringkan dengan kain perca. Setelah itu sabuk sedikit dipelintir beberapa kali. Cara ini juga dipercaya untuk kembali meregangkan sabuk.

Langkah keenam, untuk menghilangkan bau ada baiknya memeriksa bagian pendingin ruangan. Bagian yang perlu dibersihkan yakni penyaring udara. Namun jika Anda tak tahu caranya disarankan serahkan pada orang yang mengerti dan dapat melakukannya. Selanjutnya, gunakan pengharum mobil yang menggunakan bahan alami seperti biji kopi.

Setelah interior sudah bersih, Anda pun bisa lanjut membersihkan bagian luar mobil. Lakukan seperti itu pada jenis mobil apapun yang Anda miliki baik sedan, MPV maupun micro bus. Jika memiliki rencana untuk menambah deretan armada rent car untuk segmen van komersil, Anda bisa jatuhkan pilihan pada Toyota Hiace. 

Mobil van komersial ini memiliki tiga varian yang berbeda yakni Hiace Standart, Commuter dam Hiace Luxury.

Unique selling point dari Toyota Hiace Luxury adalah fitur kenyamanan dan keselamatan yang disematkan. Hal ini bisa dirasakan dari suspensi yang lembut, kebisingan rendah, dan getaran kecil. Memiliki tiga varian, Toyota Hiace bisa diperuntukan untuk segmen lower, lower-middle, dan middle-up. Tipe standar dan commuter dapat mengakomodasi 16 penumpang, sementara New Hiace Luxury dengan kapasitas 11 penumpang lengkap dengan captain seat dapat ditujukan untuk tamu yang middle-up atau premium.

Sementara dari fitur keselamatan, terdapat dua SRS airbag yang memberikan perlindungan ekstra. Sabuk pengamanan tiga titik yang dilengkapi pretensioner dan force limiter yang disematkan di semua kursi. Fitur keselamatan berikutnya adalah rem cakram di roda depan dengan teknologi anti lock braking system dan brake assist.

Dengan dua hal di atas dan dukungan servis yang baik dari manajeman, tentunya akan memberikan kepuasan dan pengalaman positif bagi penumpang. Imbasnya citra pemilik kendaraan atau bisnis travel bisa terangkat. Bagaimanapun pelayanan dari manajemen yang sudah baik akan semakin lengkap dengan deretan transportasi yang maksimal dan Toyota Hiace bisa mewujudkannya.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini