Sukses

6 Fitur Keselamatan Mobil yang Tren Disematkan Produsen Mobil

Demi meningkatkan keamanan dalam berkendara, berbagai inovasi dilakukan perusahaan mobil dalam mengembangkan fitur – fitur keamanannya.

Liputan6.com, Jakarta Selain model yang keren dan mesin yang bertenaga, dalam memilih sebuah mobil tentu tak boleh mengesampingkan fitur keselamatan. Keselamatan penumpang dan pengemudi adalah hal paling penting karena menyangkut nyawa manusia. Selain itu, fitur keselamatan yang canggih juga dapat melindungi mobil dari risiko kecelakaan maupun masalah lainnya.

Demi meningkatkan keamanan dalam berkendara, berbagai inovasi dilakukan perusahaan mobil dalam mengembangkan fitur – fitur keamanannya. Di masa kini, ada banyak fitur keselamatan yang tertanam pada mobil. Pada kesempatan ini Liputan6.com memaparkan enam fitur keselamatan yang biasa disematkan oleh pabrikan mobil.

1. Crumple Zone

Mungkin Anda jarang atau bahkan belum pernah dengar tentang fitur keselamatan ini. Crumple zone adalah bagian yang berfungsi untuk menyerap energi dari tumbukkan ketika mobil mengalami tabrakkan sehingga energi tersebut tidak menjalar ke bagian rangka mobil. Crumple zone pada umumnya adalah bagian yang gampang hancur dan berada di bagian depan dan belakang mobil.

2. Rangka

Rangka tidak hanya berfungsi sebagai ruang bagi penumpang. Ternyata lebih dari itu, rangka merupakan komponen keselamatan penting. Rangka berfungsi sebagai struktur material yang memberikan perlindungan pasif bagi penumpang.

3. Vehicle Stability Assist (VSA) / Vehicle Stability Control (VSC)

Tidak ada yang berbeda dari VSA ataupun VSC, tergantung pabrikan mobil tersebut berasal. Baik VSA maupun VSC adalah fitur keselamatan yang berfungsi menjaga manuver kendaraan. Fitur ini memantau pergerakkan roda dan mesin agar mobil tidak kehilangan kestabilannya saat menikung di kecepatan tinggi.

4. Sabuk Pengaman

Anda pasti sudah sangat familiar dengan fitur keselamatan yang satu ini. Hal ini dikarenakan sabuk pengaman adalah fitur keselamatan wajib kendaraan roda empat atau lebih. Fungsinya adalah menahan penumpang tidak terpental pada saat pengereman mendadak atau kecelakaan. Sabuk pengaman dengan sendirinya dapat menyesuaikan kapan harus meregang dan kapan harus melonggar.

5. Airbag

Fitur keselamatan ini berada pada bagian depan mobil. Tepatnya pada kursi pengemudi dan penumpang bagian depan. Airbag akan otomatis berfungsi ketika mobil terkena tubrukkan dari depan. Fitur keselamatan ini menjaga pengemudi dan penumpang depan dari benturan keras.

6. Anti Lock Braking System (ABS)

Jika VSA berfungsi untuk memantau pergerakkan roda dan mesin maka ABS berfungsi untuk menjaga rem dari penguncian roda meskipun pedal rem diinjak sedalam – dalamnya oleh pengemudi. ABS dilengkapi sensor aktif untuk membaca putaran roda. Pada jalan licin, fitur ABS sangat membantu dalam pengendalian mobil.

Pastikan mobil anda memiliki fitur keamanan mobil masa kini agar keamanan anda terjamin saat berkendara. Seperti Toyota Hiace, mobil van komersial Toyota ini sangat memperhatikan fitur keselamatan mobil buatan mereka. Toyota Hiace dilengkapi dengan sabuk pengaman, airbag dan anti lock braking system (ABS) yang menjamin faktor keamanan saat berkendara.

Toyota Hiace merupakan van murni dengan kapasitas angkut 16 penumpang. Selain itu van ini memiliki dua kamera belakang yang bertugas membantu melihat objek di belakang mobil ketika mundur.  Juga menjadi keuntungan tersendiri untuk pengemudi, karena dimensi mobil ini cukup panjang.

Sebagai mobil van komersial, Toyota Hiace dilengkapi dengan desain eksterior yang elegan dan interor yang nyaman. Kursinya dibuat senyaman mungkin agar penumpang tidak cepat lelah saat melakukan perjalanan jauh.

Toyota Hiace memiliki tiga varian yang bisa diperuntukan untuk segmen lower, lower-middle, dan middle-up. Tipe standar dan commuter dapat mengakomodasi 16 penumpang, sementara New Hiace Luxury dengan kapasitas 11 penumpang lengkap dengan captain seat yang dapat ditujukan untuk tamu yang middle-up atau premium.

Selengkapnya mengenai Toyota Hiace ini, Anda bisa langsung kunjungi link berikut ini.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.