Sukses

Ikutan #10YearChallenge, Mobil Ini Jadi Sorotan karena Tak Berubah

Setelah 35 tahun mengaspal, Suzuki Omni menarik perhatian saat ikutan #10YearChallenge, hal itu lantaran tak ada perubahan pada bagian eksterior saudara dekat Suzuki Carry tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 35 tahun mengaspal, Suzuki Omni menarik perhatian saat ikutan #10YearChallenge, hal itu lantaran tak ada perubahan pada bagian eksterior saudara dekat Suzuki Carry tersebut.

Seperti dilansir Zigwheel, Senin (21/01/19), saat dibandingkan dengan mobil lainnya hanya Omni yang tidak mengalami perubahan selama 10 tahun belakangan.

Dijual sejak 1984, Omni dibekali mesin 796cc 3-silinder yang mampu menyemburkan tenaga 34,4 Tk dan torsi 59 Nm.

Terdapat juga model Van yang tersedia dalam 4 varian, yakni 5-penumpang, 8-penumpang, kargo dan ambulans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Omni Akan Berhenti Diproduksi

Sebelumnya, Omni menarik perhatian setelah Maruti Suzuki mengabarkan soal masa pensiun mobil legendaris tersebut.

Pabrikan pernah menyebutkan bahwa tak akan lagi ada investasi tambahan untuk mengembangkan Omni. Sebab untuk membuatnya sesuai dengan peraturan yang ketat, seperti uji tabrak butuh dana besar.

Apalagi mulai 1 Juli 2019 semua kendaraan di India harus memiliki fitur keselamatan standar. Mulai dari fitur keselamatan standar, seperti sistem peringatan kecepatan, sistem pengingat sabuk pengaman, airbag pengemudi, dan sensor parkir belakang.

Aturan ketat ini seolah tak bisa depenuhi oleh Omni. Maka itu, mobil pabrikan otomotif berlambang 'S' tersebut akan dipensiunkan pada pertengahan 2019.

Pabrikan berharap Suzuki Eeco bisa menggantikan posisi Omni dengan penjualan yang relatif tinggi, mendcapai 7.000 unit per bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini