Sukses

Perlengkapan Ini Wajib Dibawa Bikers Saat Musim Hujan

Memasuki musim penghujan, pengendara harus lebih waspada saat memacu kendaraan di jalan. Beberapa faktor harus diperhatikan agar terhindar dari kecelakaan karena kondisi jalan yang licin dan jarak pandang lebih terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim penghujan, pengendara harus lebih waspada saat memacu kendaraan di jalan. Beberapa faktor harus diperhatikan agar terhindar dari kecelakaan karena kondisi jalan yang licin dan jarak pandang lebih terbatas.

Karena itu, pengendara motor harusnya sudah siap-siap melengkapi perjalanannya dengan berbagai perlengkapan yang sangat dibutuhkan saat hujan turun.

Selain jas hujan, ada beberapa hal yang juga baiknya dipersiapkan ke dalam bagasi motor kesayangan. Seperti dilansir Corsatire.co.id, Senin (21/1/2019), ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan berikut ulasannya.

Jas hujan tentu hal pertama kali yang harus masuk ke dalam bagasi motor. Akan tetapi, baiknya pengendara memilih jas hujan yang bebahan PVC dengan warna cerah agar tetap terlihat saat berkendara ditengah guyuran hujan yang deras.

Hindari memilih jas hujan berbentuk ponco karena bagian bawahnya rawan tersangkut di jeruji motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hal kedua yang perlu dibawa ialah sarung tangan, penggunaan sarung tangan saat musim hujan sangat dianjurkan. Seringkali guyuran hujan membuat handle grip menjadi licin, sehingga penggunaan sarung tangan dianjurkan.

Tetapi pilihlah sarung tangan yang mampu membuat cengkeraman tangan terhadap handle grip tidak meleset atau terlepas karena licin.

Musuh terbesar saat musim hujan adalah mogok di perjalanan. Salah satu faktor yang menyebabkan motor mogok adalah busi yang basah. Karena itu, menyediakan busi cadangan juga menjadi hal penting.

Untuk melengkapi keselamatan berkendara, pastikan ban motor anda memiliki daya cengkram maksimal di jalan basah.

Hal ini mengingat situasi di jalanan yang licin saat turun hujan. Karena daya cengkram ban sangat berpengaruh saat melakukan pengereman mendadak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penggunaan jas hujan saat hujan, bisa meminimalisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian ketika berkendara dalam kondisi huja

    jas hujan

  • Hujan

  • motor

Video Terkini