Sukses

Mau Coba Ganti Oli Mobil Sendiri, Begini Caranya

Mesin mobil merupakan salah satu bagian pada mobil yang bekerja keras, terutama saat bermacet-macetan. Oleh karena itu, mengganti oli mesin secara rutin adalah sebuah keharusan.

Liputan6.com, Jakarta - Mesin mobil merupakan salah satu bagian pada mobil yang bekerja keras, terutama saat bermacet-macetan. Oleh karena itu, mengganti oli mesin secara rutin adalah sebuah keharusan.

Selain mengganti rutin, memilih pelumas yang punya kualitas baik sangat dianjurkan. Lalu Anda juga harus memperhatikan saringan oli mesin mobil Anda. Kedua hal tersebut harus terus dijaga agar performa dan kinerja mesin selalu dalam kondisi terbaiknya. Oleh karena itu, penggantian oli mobil harus dilakukan ketika paling lama tiga bulan sekali.

Namun untuk urusan yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri, terkadang kita malas atau menyerahkan ke pihak lain dalam mengganti pelumas kendaraan.

Ganti oli mobil sebenarnya sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Anda hanya perlu melakukan ini secara teliti.

Berikut adalah langgah mengganti pelumas mobil sendiri seperti dijabarkan Top 1 Indonesia:

Dongkrak Mobil

Siapkan peralatan seperti dongkrak, penyangga, dan balok atau batu. Pastikan Anda menempati posisi dengan benar, jika salah makan akan merusak mobil Anda. Caranya, Anda hanya perlu pasang rem tangan dan tahan dengan penyangga pada permukaan datar. Pastikan sekali lagi bahwa Anda meletakkan mobil pada penyangga dengan benar. Selain itu, ganjal ban belakang mobil Anda dengan sesuatu seperti batu atau kayu balok.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panaskan Mobil dan Buang Oli Lama

Temperatur mesin yang ideal membuat Anda jadi lebih mudah untuk mengganti oli. Anda hanya perlu memanaskan mesin mobil selama dua hingga tiga menit. Hal itu sudah cukup untuk membuat oli sedikit encer dan akan mengalir lebih cepat. Mesin hangat juga membantu kotoran yang tercampur dengan oli ikut terbuang.

Selagi Anda memanaskan mesin mobil, Anda perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda perlu menyiapkan oli sesuai takaran liter kebutuhan mesin mobil Anda, saringan oli baru, baki, dan kertas koran bekas untuk menampung oli bekas, dan kunci-kunci mobil yang dibutuhkan. Anda wajib membaca petunjuk di buku manual untuk memastikan jenis oli dan saringan yang diperlukan.

Anda juga perlu membuka kap mesin, buka kenop tempat pengisian oli. Ini dimaksudkan agar proses pengurasan oli bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.